kievskiy.org

Unpad Buka Enam Prodi untuk Diploma 4

BANDUNG, (PR).- Universitas Padjadjaran mengalokasikan 460 kursi mahasiswa untuk program Diploma 4 yang perkuliahannya dimulai tahun akademik 2016-2017. Pendaftaran program D4 dimulai 25 Juli 2016 hingga 6 Agustus 2016. Ada 6 program studi yang disediakan pada program D4.

Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad menuturkan, seleksi masuk program D4 dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor siswa dari semester I sampai IV, nilai Ujian Nasional, dan nilai ijazah. Tidak ada tes tertulis dalam seleksi masuk program D4.

Peserta yang bisa mendaftar ke jenjang D4 adalah lulusan SMA/MA/SMK tahun 2014, 2015, 2016. Informasi tentang pendaftaran program D4 bisa dilihat di #.

Adapun, enam program studi D4 yang dibuka adalah Akuntansi Perpajakan dengan daya tampung 80 mahasiswa, Administrasi Publik (100 mahasiswa), dan Administrasi Pemerintahan (100 mahasiswa). Prodi lainnya yakni Bahasa dan Budaya Tiongkok (40 mahasiswa), Manajemen Produksi Media (100 mahasiswa), dan Kebidanan (40 mahasiswa).

Ada sejumlah pertimbangan Unpad membuka enam prodi tersebut di jenjang D4. Prodi Kebidanan dinilai perlu ditingkatkan jenjangnya dari D3 ke D4 karena tantangan di dunia kesehatan saat ini lebih besar sehingga membutuhkan tenaga kerja berkompetensi lebih tinggi.

Sementara, pembukaan jenjang D4 prodi Akuntansi Perpajakan, Administrasi Publik, Administrasi Pemerintahan, dan Manajemen Produksi Media dilakukan karena melihat besarnya kebutuhan tenaga kerja di empat bidang tersebut. Unpad juga menilai besarnya potensi tenaga kerja di bidang bahasa dan budaya Tiongkok karena pemerintah menargetkan jutaan wisatawan Tiongkok datang ke Indonesia. Oleh karena itu, tenaga kerja Indonesia perlu memersiapkan keahlian dalam bahasa dan budaya Tiongkok.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat