kievskiy.org

Unpad Diminta Dorong Pembangunan Ekonomi

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar tengah menyalami mahasiswa baru Unpad pada Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru  (Maba) Unpad Tahun Akademik  2017/2018  di Stadion Jati Padjadjaran  Unpad Jatinangor, Senin 21 Agustus 2017.  Penerimaan mahasiswa baru Unpad  sebanyak 5.900 orang.
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar tengah menyalami mahasiswa baru Unpad pada Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru  (Maba) Unpad Tahun Akademik  2017/2018  di Stadion Jati Padjadjaran  Unpad Jatinangor, Senin 21 Agustus 2017.  Penerimaan mahasiswa baru Unpad  sebanyak 5.900 orang.

SUMEDANG, (PR).-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap, Universitas Padjadjaran (Unpad) terus memperkuat perannya sebagai lembaga pendorong pembangunan ekonomi (agent of economic development) serta perguruan tinggi yang mencetak para wirausaha (enterpreneural university). Hal itu,  untuk mendongrak daya saing teknologi, produktivitas tenaga kerja serta  inovasi.

"Terkait hal itu, saya sampaikan apresiasi khusus atas kerjasama penelitian antara Unpad dengan Pemprov Jabar. Kerjasamanya dalam   pengembangan plasma nutfah sapi pasundan serta great parent stock ayam sentul dan itik tambon," ujar  Deddy. 

Ia katakan itu pada  "Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru  (Maba) Unpad Tahun Akademik  2017/2018"  di Stadion Jati Padjadjaran  Unpad Jatinangor, Senin 21 Agustus 2017.  Penerimaan mahasiswa baru tersebut sebanyak 5.900 orang.

Sementara untuk mengejar ketertinggalan jumlah pengusaha Indonesia agar mencapai 4% dari jumlah penduduk, kata Deddy, dengan mendorong Unpad supaya  lebih fokus pada upaya hilirisasi hasil riset dan inovasi dari para dosen dan mahasiswanya. Selain itu, memperkuat keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri.  

Upaya lainnya,  memenuhi tuntutan jaman pada berbagai program studi vokasional, sehingga tercipta para teknopreneur muda yang dapat bersaing secara global. "Penting juga menghadirkan anak muda yang memiliki kemandirian untuk meninggalkan mindset 'job seeker' menjadi 'job creator," ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, antara Pemprov Jabar dengan kampus, sudah terjalin kerja sama penyelenggaraan Program Studi di Luar Kampus Utama yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran. Hal itu, sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan akses terhadap pendidikan tinggi yang memadai bagi masyarakat Jawa Barat.

"Hari ini momentum yang sangat membahagiakan. Tak hanya Civitas Akademika Unpad saja, melainkan juga bagi Pemprov Jabar. Sebab, hari ini anak- anak kita sebagai generasi penerus masa depan bangsa, telah resmi menjadi mahasiswa baru," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Padjadjaran  Tri Hanggono Achmad berterimakasih kepada masyarakat atas kepercayaannya menitipkan anak-anak daerahnya ke Unpad. "Semoga para mahasiswa baru akan menjadi insan abdi masyarakat dan  pembina nusa bangsa," tuturnya.*** 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat