kievskiy.org

Akan Ada 120 Program Studi Baru pada 2019

JAKARTA, (PR).- Sebanyak 120 program studi baru yang relevan dengan perkembangan zaman siap dibuka. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi memastikan akan mempercepat proses pemberian izinnya sehingga bisa dimanfaatkan pada penerimaan mahasiswa baru 2019.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo mengatakan, pengajuan perizinan untuk nama program studi bisa selesai dalam waktu seminggu.

Menurut dia, program studi yang akan dibuka disesuaikan dengan tujuan pembangunan jangka panjang terutama yang masuk dalam bidang science, technology, enggineering, matemathics (STEM).

“Senin (29 Oktober 2018) kami akan mengumpulkan serta menginstruksikan semua staf di Kemenristedikti terkait perubahan dan percepatan dalam pemberian izin program studi baru. Sehingga, 120 program studi yang kini tengah diproses pun bisa segera rampung. Jadi, izin-izin nama program studi itu bisa satu minggu selesai," kata Patdono di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat 26 Oktober 2018.

Dia mengimbau kepada semua perguruan tinggi yang hendak mengajukan program studi baru agar memastikan semua persyaratan terkumpul.

Ia menegaskan, kendati mengutamakan bidang STEM, kampus yang ingin membuka program studi bidang ilmu sosial humaniora juga akan dipertimbangkan.

"Banyak juga yang mengajukan program studi soshum itu tidak apa-apa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam menghadapi era revolusi digital, semua kampus dituntut responsif dan inovatif. Perubahan yang cepat termasuk merevitalisasi program studi. Ia mengajak semua kampus untuk berani membuka program studi yang sebelumnya tak pernah diperkirakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat