kievskiy.org

Pesona Hello Pacitan 2017 Siap Gaungkan Pariwisata Pacitan ke Dunia

PACITAN, (PR).- Gaung pariwisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dipastikan bakal semakin terdengar. Hal ini menyusul bakal digelarnya kembali "Pesona Hello Pacitan 2017" yang akan berlangsung pada 16-19 Agustus 2017. Dalam kegiatan tersebut akan digelar berbagai acara, salah satunya yang bakal menarik perhatian adalah turnamen selancar tingkat dunia bertajuk "World Surfing League 2017" yang akan berlangsung di Pantai Watu Karung.

Pantai Watu Karung memang dikenal dengan ombaknya yang mencapai tujuh meter, salah satu surga bagi para peselancar dunia. Bupati Pacitan Indartato mengatakan turnamen selancar dunia menjadi bagian dari rangkaian penyelenggaraan "Pesona Hello Pacitan 2017". 

Penyelenggaraan ini melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan di tahun sebelumnya yang didukung oleh Kementerian Pariwisata. "Dengan kesuksesan Hello Pacitan tahun 2016 lalu, menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa potensi daerah harus dikembangkan sebagai sarana meningkatkan ekonomi daerah," ujar Bupati Indartato.

Sebanyak 40 peserta dari 14 negara dipastikan ambil bagian dalam turnamen nanti. Mereka datang dari sejumlah negara seperti Brasil, Australia, New Zealand, Jepang, Jerman, Argentina, Indonesia dan lainnya.

Rekor MURI

Selain turnamen surfing internasional, “Hello Pacitan 2017” juga akan diisi dengan "Pembuatan Tumpeng Tiwul Tertinggi dan Terbesar" yang akan berlangsung di Alun-Alun Kota Pacitan pada 19 Agustus 2017. Kegiatan ini akan melibatkan dukungan dari desa-desa/kecamatan di Pacitan. Nantinya Museum Rekor Indonesia (MURI) akan mencatat "Tumpeng Tiwul Tertinggi dan Terbesar" di Indonesia ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Pacitan, Endang Surjasari mengatakan tumpeng nantinya akan dihias dengan makanan hasil laut seperti ikan, udang dan lain-lain dengan melibatkan ibu-ibu desa atau kecamatan secara massal. "Diharapkan pembuatan Tumpeng Tiwul ini dapat menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional," katanya.

Bertempat di alun-alun kota Pacitan pula, wisatawan dan pengunjung akan dimanjakan dengan wisata kuliner khas pacitan yang tersedia berbagai booth di sepanjang alun-alun mulai tanggal 18-19 Agustus 2017.

Deretan kuliner khas tersebut, yakni Nasi Krawu, Sate Madura, Bebek Sinjay, Rujak Soto, Sambel Wader, Pecel Lele dan Rujak Cingur. Selain itu juga ada pecel, tahu tek, lontong balap, rawon, soto Lamongan, nasi timpang, gado-gado dan bakso Malang.

Budaya khas Pacitan

Para pengunjung juga dapat menikmati suasana kemeriahan Kota Pacitan dengan menyaksikan kegiatan budaya khas Pacitan seperti reog, ronteg dan lain-lain. Selain itu juga dimeriahkan penampilan artis ibukota dan lokal seperti Baby Zie, Yeyen dan Om Sagita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat