kievskiy.org

65.000 Alat Rapid Test Antigen Disiapkan, Wisatawan Positif Covid-19 Harus Balik Kanan dari Jabar

Calon penumpang saat melakukan Rapid Test Antigen di Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 22 Desember 2020.
Calon penumpang saat melakukan Rapid Test Antigen di Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 22 Desember 2020. /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyiapkan 65.000 rapid test Antigen untuk para pelaku perjalanan dan pelaku wisata yang melakukan perjalanan darat ke Jawa Barat di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021. 

Pengetesan tersebut akan dilaksanakan selama empat hari di delapan rest area di Jabar. 

Hal itu mengemuka dalam rapat evaluasi Covid-19 di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa, 22 Desember 2020.

 Baca Juga: Hari Ini Rabu, 23 Desember 2020 Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Enam Menteri Baru

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, 65.000 pcs rapid tes antigen tersebut sudah tersedia yang di antaranya berasal dari 40.000 distribusi BNPB dan 25.000 dari pengadaan Belanja Tak Terduga (BTT) Jabar. 

"Untuk kapan dan di mana titiknya masih kami simpan, dikhawatirkan pelaku perjalanan menghindar. Yang pasti stock rapid test ada," ujar Daud.

Sementara itu, selain mengecek protokol kesehatan, pengetesan pun akan dilakukan kepada pengelola industri wisata.

 Baca Juga: Teddy Telantarkan Anak dari Istri Sebelumnya, sang Putri Rela Jual Pernak-pernik demi Biaya Sekolah

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, upaya lain yang akan dilakukan adalah menyiapkan sekitar 20 ribu alat tes Covid-19 yang akan disebar dan digunakan kepada para pengelola industri wisata. 

Selain membuat wisatawan nyaman, hal ini pun mencegah terjadi klaster baru. Sehingga, pemulihan ekonomi tetap bisa berdampingan dengan pemulihan kesehatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat