kievskiy.org

Polrestabes Bandung Tangkap Belasan Penjahat Jalanan

KAPOLRESTABES Bandung Winarto menunjukkan senjata tajam barang bukti penangkapan pelaku kejahatan jalanan, di Mapolrestabes Bandung, Rabu (23/12/2016)
KAPOLRESTABES Bandung Winarto menunjukkan senjata tajam barang bukti penangkapan pelaku kejahatan jalanan, di Mapolrestabes Bandung, Rabu (23/12/2016)

BANDUNG, (PR).- Dalam kurun waktu satu pekan terakhir, Polrestabes Bandung mengamankan sedikitnya 18 orang tersangka pelaku kejahatan jalanan. Hal ini merupakan respons atas maraknya kabar mengenai kejahatan jalan di Kota Bandung beberapa waktu silam. Sejumlah pelaku di antaranya kerap melakukan kekerasan dengan melukai korbannya. "Satu pekan ini kami berhasil mengamankan belasan penjahat jalanan dari beberapa kasus. Mereka ditangkap secara terpisah di lokasi dan waktu yang berbeda," ujar Kapolrestabes Bandung, Winarto di Mapolrestabes Bandung Rabu 23 November 2016. Dia menuturkan, sejumlah pelaku ini memiliki karakter berbeda, ada yang beraksi secara berkelompok maupun sendiri. Senjata yang digunakan untuk mengancam dan melukai korban pun berbeda, mulai dari senjata tajam hingga air soft gun. Namun rata-rata mereka memiliki modus yang sama, yaitu mengincar korban dengan cara membuntuti terlebih dahulu. Saat mendapat kesempatan, mereka baru melancarkan aksinya terhadap korban. Sejumlah pelaku juga teridentifikasi merupakan bagian dari kelompok berandal bermotor. Dia mencontohkan, pihaknya menangkap dua dari tiga orang pelaku perampasan kendaraan bermotor di daerah Punclut. Mereka membuntuti korban, kemudian memepet kendaraan saat mendapat kesempatan. Untuk mengancam korban, mereka menggunakan senjata tajam jenis golok sebelum merampas sepeda motor milik korban. Dua pelaku yang ditangkap ini diketahui merupakan anggota kelompok berandal bermotor. Lebih lanjut dia menuturkan, pihaknya akan terus merespons perkembangan keadaan, termasuk berkaitan dengan maraknya aksi kejahatan jalanan. Selain mendirikan pos mobile di sejumlah titik rawan, Polrestabes Bandung juga menambah kekuatan tim Prabu, yang salah satu tugasnya adalah mencegah dan mengungkap kejahatan jalanan. Hanya saja, dia menambahkan, sejumlah titik yang dinilai rawan masih memerlukan penambahan infrastruktur seperti lampu penerangan jalan umum serta kamera pemantau (CCTV). "Sebagai antisipasi kami sudah minta ke pemkot Bandung untuk memperbanyak CCTV dan lampu penerangan jalan umum," katanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat