kievskiy.org

2020, Pasar Panorama Lembang Jadi Pasar Wisata Bandung Barat

BUPATI Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyapa pengunjung di Pasar Panorama Lembang, Selasa 19 Maret 2019.*/CECEP WIJAYA/PR
BUPATI Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyapa pengunjung di Pasar Panorama Lembang, Selasa 19 Maret 2019.*/CECEP WIJAYA/PR

NGAMPRAH, (PR).- Pasar Panorama Lembang diproyeksikan menjadi Pasar Wisata Kabupaten Bandung Barat pada 2020. Pasar ini akan menjadi pusat oleh-oleh berupa produk-produk buatan warga Bandung Barat.

Hal itu dikatakan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna dalam peresmian Pasar Panorama Lembang, Selasa 19 Maret 2019. "Dengan konsep pasar wisata, tak hanya akan lebih mempromosikan daerah, tetapi juga dampaknya, masyarakat pedagang akan lebih laku dagangannya," ujar Umbara.

Dia menuturkan, rencananya di areal Pasar Panormaa Lembang tersebut akan dibangun Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bandung Barat. Di gedung itu akan disuguhkan berbagai produk lokal mulai kuliner, fashion, hingga kerajinan khas Bandung Barat.

Menurut Umbara, Pasar Panorama Lembang juga akan menjadi pasar sehat yang bakal menjadi percontohan sejumlah pasar tradisional lainnya. "Pembangunan Pasar Panorama Lembang ini biayanya terbesar, sehingga harus dibuat lebih indah lagi dan jadi contoh buat pasar-pasar lainnya," ujar Umbara.

Dia pun tak memungkiri, seiring dengan bakal dijadikannya pasar wisata, kemacetan di wilayah Lembang akan muncul. Untuk itu, pemerintah juga melakukan berbagai upaya antisipasi, di antaranya dengan menyediakan kantung-kantung parkir, memperbaiki jalan-jalan alternatif, hingga pembangunan infrastruktur seperti cable car dan jalan layang atau flyover.

Menurut Umbara, saat ini proyek cable car masih terus berjalan dan tengah berproses dengan pemilik lahan. "Rutenya juga nanti bisa ada pemberhentian di sekitar Pasar Panorama Lembang. Jadi, cable car ini terus berproses," ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, pembangunan flyover Lembang-Maribaya-Dago sedang digodok pemerintah provinsi. Keberadaan jalan layang tersebut nantinya juga bisa menjadi solusi pengurai kemacetan di Lembang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat, Maman Sulaeman menambahkan, konsep pasar wisata diharapkan bisa lebih menarik banyak pengunjung. Soalnya, saat ini banyak pedagang di lantai 1 dan 2 Pasar Panorama Lembang yang mengeluhkan sepinya pembeli. Mereka menjual produk-produk fashion, sebagian besar merupakan usaha kecil dan menengah.

"Dengan konsep pasar wisata, tentu akan lebih menarik perhatian. Jadi ke depan, pasar ini akan bernama Pasar Wisata Panorama Lembang. Kata Panorama tetap dipertahankan karena lokasinya ada di Kampung Panorama," katanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat