kievskiy.org

2.000 Masker Kain dan Sembako Dibagikan Warga RW 24 Cipageran

WARGA RW 24 Ciapageran di Posko Satgas Covid-19.*
WARGA RW 24 Ciapageran di Posko Satgas Covid-19.* /Ririn Nur Febriani/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Kondisi pandemi corona virus disease (covid-19) menggugah warga RW 24 Kelurahan Cipageran Kota Cimahi untuk berswadaya membagikan masker kain, hingga paket sembako kepada masyarakat sekitar.

Swadaya masyarakat tersebut dilakukan sebagai upaya partisipasi menekan laju penyebaran covid-19, terutama di wilayahnya dan seluruh di Kota Cimahi.

Sedikitnya 2.000 lembar masker kain berhasil disiapkan warga setempat. Masker tersebut dibagikan kepada warga, termasuk di pasar kaget sambil dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang dan pembeli disepanjang jalan utama Puri Cipageran. Pengendara kendaraan yang lewat turut diberi masker.

Baca Juga: Panduan Ibadah Ramadan dari MUI Kota Bandung, Salat Tarawih dan Id Tidak Digelar Berjemaah

Warga juga membagikan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi selama pandemi corona berlangsung.

Ketua RW 24 Dodi Budiman mengatakan, aksi sosial tersebut merupakan swadaya dari masyarakat. "Dari kita, untuk kita dan berbagi dengan sesama," ujarnya.

Pihaknya menyediakan masker kain untuk warga setempat sebanyak 2 lembar masker per-Kepala Keluarga (KK). "Jumlah KK ada sekitar 315 KK, tiap KK kita bekali masker kain agar bisa dicuci dan dipakai kembali. Sisanya dibagikan ke warga sekitar," katanya.

Baca Juga: Kepedulian Warga Cimahi pada Keluarga Pasien Covid-19 Dapat Apresiasi Jokowi

Pihaknya juga menyiapkan sembako untuk warga yang terdampak ekonomi. "Ada warga yang terkena imbas ekonomi karena bekerja di industri, kita beri bantuan sembako juga," ucapnya.

Selain itu, warga membentuk Relawan Covid-19 dan mendirikan Posko Covid-19. "Di RW 24 ada 5 akses jalan, kita tutup sebagian dan dihimbau keluar masuk ke jalan yang dibuka. Di tiap RT ada bilik sterilisasi, ada sarana cuci tangan pakai sabun, bahkan di RT 6 ada pemeriksaan suhu tubuh warga yang masuk, karena sudah tersedia alatnya," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat