kievskiy.org

20.000 Masker dan Hand Sanitizer untuk Warga Terdampak Covid-19 di DAS Citarum

BANTUAN masker dan hand sanitizer buat warga sekitar DAS Citarum.*
BANTUAN masker dan hand sanitizer buat warga sekitar DAS Citarum.* /Novianti Nurulliah/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai salah satu upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyerahkan bantuan kepada masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Bantuan tersebut berupa 20.000 unit masker dan 50 liter hand sanitizer.

Masker medis dan hand sanitizer tersebut akan diprioritaskan bagi para petugas fasilitas layanan kesehatan di lapangan dan para petugas sektor Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum. Pendistribusian bantuan tersebut dilakukan bekerja sama dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat.

Baca Juga: Demam Tinggi Usai Pulang dari Yogyakarta, Pasien 52 Tahun Dinyatakan Positif Covid-19

Dilansir dari keterangan tertulis Diskominfo Jabar, Kamis 16 April 2020, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Maritim dan Investasi Nani Hendiarti mengatakan, pihaknya menyetujui prioritas distribusi bantuan tersebut diberikan kepada para tenaga medis. Saat ini keberadaan masker medis sekali pakai tidak banyak ditemui di pasaran.

"Kami sangat setuju masker diarahkan untuk tenaga medis yang bertugas di kawasan DAS Citarum. Saya rasa itu hal yang baik," ucap dia dalam telekonferensi bersama tim Satgas Citarum Harum dan jajarannya di Posko Satgas Citarum, Jalan Ir H Juanda Bandung, Rabu, 15 April 2020.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Virus Corona, Pergunu Tetap Produktif Terbitkan Jurnal

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dan terbatas melalui video conference. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi mobilitas masyarakat dalam rangka meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim mengatakan, distribusi masker tersebut akan dipusatkan pada puskesmas-puskesmas di seluruh sektor DAS Citarum. Sementara hand sanitizer akan diberikan di posko-posko sepanjang DAS, untuk digunakan baik masyarakat maupun para petugas sektor yang masih beraktivitas di lapangan sehari-harinya.

Baca Juga: Koin Tabungan di Kaleng Biskuit Milik Bocah 9 Tahun Ini, Disumbangkan Seluruhnya untuk APD

"Distribusinya ke tenaga-tenaga medis dan puskesmas di seluruh sektor DAS Citarum, di mana para komandan sektor akan melakukan pembagian ke wilayah masing-masing," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat