kievskiy.org

1.968 Petugas Kebersihan Kota Bandung Diturunkan untuk Tangani Sampah Selama Libur Lebaran 2023

Petugas kebersihan Kota Bandung siap diturunkan selama libur Lebaran.
Petugas kebersihan Kota Bandung siap diturunkan selama libur Lebaran. /Pemkot Bandung

PIKIRAN RAKYAT – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung menurunkan 1.968 petugas kebersihan guna tangani sampah dan menjaga kebersihan lingkungan selama libur Lebaran dari tanggal 19 sampai 25 April 2023. Karena, timbulan sampah di Kota Bandung diperkirakan naik selama momentum tersebut.

Kepala DLH Dudy Prayudi mengatakan bahwa selama Ramadhan, timbulan sampah di Kota Bandung meningkat hingga 12 persen. Dari awalnya hanya 2.757 kubik perhari, kini menjadi rata-rata 3.092 kubik. Kenaikan volume sampah ini diprediksi akan terus berlangsung selama libur Lebaran dan cuti bersama.

Menurut Dudy, lokasi penumpukan sampah biasanya terjadi di tempat takbiran, salat Idul Fitri, halal bihalal, ziarah, dan objek-objek wisata. Oleh karena itu, pihaknya akan menyebar petugas kebersihan di berbagai sudut keramaian Kota Bandung.

Baca Juga: Muhammadiyah Cimahi Pusatkan Pelaksanaan Salat Idul Fitri 21 April 2023 di Lapangan Rajawali

Selain itu, 112 kendaraan yang terdiri atas truk, mobil pikap, motor sampah, serta penyapu dan pengangkut sampah akan dikerahkan untuk mendukung upaya ini.

“Pada 19 sampai 21 April dilakukan operasional normal baik itu armada dan personel,” ujar Dudy dikutip dari Antara.

Pada malam takbiran tanggal 21 April 2023, akan ada 993 petugas kebersihan ditempatkan di tempat keramaian. Sedangkan pada Idul Fitri, 222 petugas disebar ke lokasi pelaksanaan salat id dan tempat ziarah.

Baca Juga: 81 Lokasi Sholat Idul Fitri 21 April 2023 di Bandung Raya

Pemerintah Imbau Pemudik Tak Buang Sampah Sembarangan

Pada kesempatan terpisah, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengimbau agar pemudik tidak buang sampah sembarangan. KLHK juga telah menerbitkan surat edaran kepada seluruh kepala daerah di Indonesia agar mengurangi timbulan sampah selama libur Lebaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat