kievskiy.org

1.956 Knalpot Brong Diarak Keliling Bandung, Polisi: Biar Masyarakat Tahu

Pengarakan knalpot bising untuk dibawa keliling di Kota Bandung untuk memberi efek jera di masyarakat, pemberangkatan dimulai dari Halaman Satlantas Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka, Kota Bandung pada Selasa 9 Mei 2023.
Pengarakan knalpot bising untuk dibawa keliling di Kota Bandung untuk memberi efek jera di masyarakat, pemberangkatan dimulai dari Halaman Satlantas Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka, Kota Bandung pada Selasa 9 Mei 2023. /Pikiran Rakyat/Mochammad Iqbal Maulud

PIKIRAN RAKYAT - Satlantas Polrestabes Bandung mengamankan ribuan knalpot motor yang tidak sesuai standar. Ribuan knalpot itu merupakan hasil razia yang digelar sejak Ramadan 2023 hingga Senin, 8 Mei 2023.

"Kita melakukan penindakan terhadap kendaraan bermotor, 1.956 knalpot yang sudah kita lepas suruh diganti dengan standar," kata Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Budi Sartono, di Satlantas Polrestabes Bandung di Jalan Jawa, Kota Bandung pada Selasa, 9 Mei 2023.

Menurut Budi, operasi ini digelar dengan dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polrestabes Bandung Komisaris Eko Iskandar. Budi mengatakan, penindakan ini merupakan hasil dari keluhan masyarakat yang melaporkan banyaknya kendaraan bermotor yang tidak menggunakan knalpot yang tidak standar.

"Karena itu sangat menggangu ketertiban umum, kami mendapatkan banyak komplain dari masyarakat yang terganggu dengan suara knalpot dan juga kadang suara knalpot ini yang memicu pertengkaran sehingga terjadi kasus pidana yang lain," katanya.

Baca Juga: Motif Penculik Keysa di Bandung: Cemburu Lihat Keysa Bareng Pacar Baru

Budi mengatakan, sore ini jajaran lantas akan mengarak ribuan knalpot tersebut dengan berkeliling kota Bandung. "Kita arak biar masyarakat tahu dan anak muda tidak akan mengikuti menggunakan knalpot brong. Nantinya baru kita akan musnahkan," katanya.

Baca Juga: Warga Bandung Diminta Maklum jika Jalan Soekarno-Hatta Macet pada 14 Mei 2023

Knalpot brong itu diangkut menggunakan truk dari Satlantas Polrestabes Bandung. Sementara itu pengarakan ini, dikawal oleh beberapa anggota Tim Prabu.

Kasubbid Bela Negara Kesbangpol Kota Bandung Asep Mauludin mengapresiasi apa yang dilakukan Polrestabes Bandung tersebut. Menurut Asep banyak keluhan masyarakat terkait knalpot bising ini.

"Saya juga berharap dengan penertiban ini, maka gank motor bisa diminimalisir. Ini karena banyak gank motor yang menggunakan knalpot bising ini," katanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat