kievskiy.org

Terlengkap! Cara Cek Penerima BPUM, Klaim BLT UMKM Tahap 2 Sekarang juga

Ilustrasi. Begini cara cek penerima BPUM, klaim BLT UMKM Tahap 2 sekarang juga!
Ilustrasi. Begini cara cek penerima BPUM, klaim BLT UMKM Tahap 2 sekarang juga! /Pixabay/Mohamed Hassan

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah memberikan bantuan berupa dana stimulus bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tanah air.

Bantuan langsung tunai atau BLT UMKM tahap 2 sudah cair per Desember 2020, tinggal Anda melakukan cek penerima BPUM ini. 

Dari hasil survei Bank BRI bersama BRI Microfinance Center, dapat disimpulkan bahwa Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) mampu membuat kapasitas dan kinerja UMKM meningkat secara signifikan.

 Baca Juga: Barceloa vs Real Sociedad: Hadapi Pemuncak Klasemen Sementara, Ronald Koeman Bakal Tingkatkan Ini

Program BPUM juga membuat UMKM yang pernah tutup sementara jadi beroperasi kembali, sehingga memperpanjang kemampuan UMKM untuk bertahan di masa pandemi, demikian disampaikan Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, melalui akun Instagram resminya.

Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta tahap 2 memang telah ditutup pada akhir November lalu, bagi para pelaku UMKM yang telah mendaftarkan usahanya, pencarian BLT UMKM Rp2,4 juta tahap 2 telah mulai disalurkan pada Desember ini.  

Perlu diingat syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan BLT UMKM BPUM Rp2,4 Juta ini, yakni WNI yang punya usaha mikro tetapi bukan anggota TNI, Polri, ASN, dan pegawai BUMN/BUMD.

 Baca Juga: Lowongan Kerja Desember 2020, LRT Jakarta Buka Kesempatan untuk Lulusan S1

Sebelum cek penerima BPUM, pastikan, hanya usaha mikro yang bisa dapat bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta sekali cair ini. Berdasarkan UU No 20 tahun 2008, berikut kriteria yang termasuk golongan usaha mikro:

  1. Memiliki kekayaan paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha: atau
  2. Memiliki penghasilan penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta.

Baca Juga: Suami Bakar Istri di Dumai, Adik Korban Ikut Terbakar: Tersangka Menganggur dan Hobi Judi Online

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat