kievskiy.org

Menko Perekonomian Beberkan 3 Faktor Kunci Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Positif Indonesia di 2021

Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto. /Adv/Satgas Covid-19

PIKIRAN RAKYAT - Berbagai upaya dilakukan pemerintah guna kembali memulihkan perekonomian nasional bangsa. Termasuk berbagai bantuan sosial dari pemerintah yang digelontorkan demi meningkatkan konsumsi masyarakat agar ekonomi kembali tumbuh.

Dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi RI dan masuk ke jalur positif pada 2021, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan tiga faktor kuncinya.

"Pertama adalah menjaga konsumsi rumah tangga untuk mendorong daya beli masyarakat, sebab hal ini menyumbang 57 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional," kata Menko Airlangga Hartarto dalam webinar CEO Forum di Jakarta, Selasa 19 Januari 2021.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Joe Biden, Nilai Rupiah Pagi ini Justru Menguat hingga 20 Poin

Menurut dia, untuk kelas menengah atas dapat didorong kepercayaannya kembali kepada kondisi perekonomian nasional, sehingga mereka mau membelanjakan uangnya lagi.

Sedangkan untuk kelas menengah bawah dapat dijaga daya belinya dengan menggencarkan program bantuan sosial, perlindungan sosial, maupun penguatan UMKM misalnya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kedua, lanjut dia, percepatan reformasi baik fiskal maupun struktural, antara lain melalui UU Cipta Kerja, reformasi anggaran, dan pembentukan Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Baca Juga: 3 Bulan Hilang Seolah Ditelan Bumi, Jack Ma Akhirnya Muncul ke Publik di Wilayah Pedesaan

Penyusunan Daftar Prioritas Investasi (DPI) atau positive list juga diharapkan akan membantu penambahan investasi ke dalam negeri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat