kievskiy.org

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto: Semakin Banyak UMKM Akses KUR, Pemulihan Ekonomi Nasional Makin Cepat

Menko Perekonomian yang juga Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian yang juga Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto. /Adv/Golkar

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah mendorong agar UMKM bisa memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang kembali diterbitkan pada 2021.

“Semakin banyak UMKM yang memanfaatkan fasilitas ini, maka pemulihan ekonomi nasional akan semakin cepat,” tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan, Minggu 24 Januari 2021.

Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menegaskan UMKM sangat berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Takut Divaksin karena Fobia Jarum Suntik? PPNI: Perlunya Pendekatan Psikologis Terhadap Masyarakat

Menurut dia, semakin banyak UMKM yang bisa mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR), pemulihan perekonomian nasional juga semakin cepat.

Ia mengaku, optimisme pemulihan ekonomi nasional itu sudah terlihat dari naiknya indeks kepercayaan konsumen yang telah menyentuh angka 96,5 persen dari target 100 persen.

Menurut dia, kondisi ini akan semakin membaik jika perekonomian di masyarakat terus bergeliat dan UMKM berkontribusi pada pergerakan perekonomian.

Baca Juga: Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakilnya Adang Hadari Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pemerintah sendiri telah meningkatkan plafon KUR menjadi Rp 253 triliun pada tahun ini. Jumlah ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 220 triliun. Selain itu, pemerintah tetap memberikan subsidi bunga sebesar Rp 7,6 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat