kievskiy.org

BRI Ventures Bagi-bagi Tips Membangun Startup Melalui Serial ‘Moving Forward’

Ilustrasi Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Ilustrasi Bank Rakyat Indonesia (BRI). /Pikiran-rakyat.com/Gita Pratiwi


PIKIRAN RAKYAT
- BRI Ventures (BVI) meluncurkan serial startup yakni seri video edukasi startup yang bisa diakses secara terbuka bagi masyarakat luas. Serial video yang tersedia secara gratis tersebut merupakan wujud nyata BRI Ventures dalam mendukung ekosistem startup Tanah Air agar lebih luas dan merata ke seluruh penjuru Indonesia.

Dalam serial video ini, BRI Ventures juga memaparkan bagaimana membentuk pola pikir seorang founder startup yang lebih kreatif dan tangguh untuk menghadapi tantangan industri. Terutama dengan mengetahui langkah yang tepat mengubah sebuah ide menjadi produk yang menarik.

Termasuk juga menentukan strategi marketing yang tepat sasaran. Ditambah lagi tentang membentuk tim yang solid sebagai kunci kesuksesan sebuah startup agar bertumbuh pesat. Sebab tim yang solid diyakini lebih mampu meyakinkan investor.

Baca Juga: Jalan Tol Cipali Ambles, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran

“Tentunya banyak yang dapat dipelajari dari fenomena startup yang telah berjalan hampir 10 tahun. Kami hanya ingin merangkum pengetahuan basic yang perlu diketahui seorang founder startup. Sejauh ini konten yang terkait dalam Bahasa Indonesia masih sangat minim. Kami berharap informasi seperti ini menjadi lebih banyak dan bermanfaat bagi lajunya perkembangan startup di kemudian hari. Banyak hal menarik yang perlu diamati yaitu perspektif founder, pengelolaan dan pengembangan usaha, hingga fundraising,” ujar Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures di Jakarta.

Serial video yang diusung dengan nama “Moving Forward bersama BRI Ventures” ini hadir dalam 20 episode yang secara lengkap membahas petunjuk membangun sebuah startup. Meliputi problem and solution fit, product market fit, business model fit, dan sustainability over time.

Salah satu bagian yang penting dalam perkembangan sebuah startup, yakni jenis pendanaan startup juga dibahas tuntas dalam salah satu episode. Isinya mengulas hak dan kewajiban sebuah startup ketika memperoleh pendanaan.

Baca Juga: Terjerat Narkoba, Beiby Putri Resmi Ditahan Kepolisian Polda Metro Jaya

Pemateri dalam video merupakan profesional di bidangnya atau founder startup yang telah sukses. Mereka akan berbagi pengalaman dan memberikan tips untuk membangun startup. Menariknya lagi, seluruh konten video startup ini bisa diakses gratis di Youtube.

“Materi yang disampaikan dikemas secara menarik oleh beberapa founder yang tentunya dibawah naungan portfolio BRI Ventures. Mereka tidak hanya berpengalaman dibidangnya masing-masing, tetapi juga merupakan pelopor dari industri yang ditekuni,” tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat