kievskiy.org

Tambah Daya Listrik PLN Tersambung, Keuntungan Usaha Pecah Batu Makin Melambung

Ilustrasi PLN.
Ilustrasi PLN. /Dok. PLN

PIKIRAN RAKYAT – Hamparan batu batuan nampak terlihat jelas disekitar rumah Lili Sumambi. Batu batuan tersebut merupakan sumber mata pencaharian keluarganya. Sudah 14 (Empat belas) tahun Lili membangun home industry di bidang pemecahan batu.

Dalam rangka menjalankan industrinya, Lili menggunakan dua sumber energi penggerak yaitu listrik PLN bagi operasional kantor dan diesel untuk menjalankan mesin pemecah batunya. Batu batu tersebut dipecah dari ukuran besar ke ukuran kecil agar masyarakat lebih mudah dalam memanfaatkannya, seperti untuk bahan bangunan, bahan pasir kucing, dan pupuk tanaman.

Seiring waktu, usaha Lili saat ini semakin berkembang. Pemasarannya tidak hanya di Cimahi saja namun hingga Bandung, Bogor, Jakarta, dan Bali. Meski pendapatan meningkat, biaya untuk produksi ternyata juga meningkat terutama untuk mesin dieselnya.

Selain memelihara keandalan mesin pemacah batu, Lili juga harus menganggarkan biaya untuk memperbaiki mesin dieselnya bila rusak dan membeli berbagai peralatan untuk kelengkapannya. Apabila dihitung, biaya untuk pemeliharaan dan perbaikan mesin diesel serta membeli minyak setiap bulannya adalah kurang lebih Rp 6.000.000,- (Enam juta Rupiah).

Keresahan Lili terurai setelah petugas PLN Rajamandala berkunjung kerumahnya. Petugas PLN memberikan solusi berupa penggunaan energy listrik untuk mesin pemecah bantunya. Dengan menggunakan listrik dari PLN, akan ada banyak manfaat yang akan didapatkan Lili seperti:

Baca Juga: Selain Dipoligami, Umi Pipik Beberkan Pengalamannya Dapat Perlakuan Kasar dari Ustaz Uje: Bukan Membuka Aib

1. Tarif layanan yang ditawarkan lebih ekonomis, kompetitif, serta fleksibel (sesuai dengan kebutuhan pelanggan)
2. Praktis, mudah, efisien
3. Ramah lingkungan
4. Tidak menimbulkan suara bising

Mendengar penjelasan petugas, Lili langsung mengajukan program tambah daya dari 5500 VA ke 16.500 VA melalui PLN Mobile. Selang beberapa hari, PLN telah penuhi permohonannya. Hal ini merupakan wujud komitmen PLN untuk mendorong home industry melalui program elektrifikasi seluruh bidang industri/ bisnis, salah satunya pemecahan batu.

Keberadaan listrik PLN diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi dan pendapatan usaha pemecahan batu guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat