kievskiy.org

LPEM UI: Dampak Positif Kolaborasi GoTo terhadap Perekonomian akan Terus Berkembang

Merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo ternyata punya dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia.
Merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo ternyata punya dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia. /Tangkap layar YouTube/Gojek Indonesia Tangkap layar YouTube/Gojek Indonesia

PIKIRAN RAKYAT - Dampak positif kehadiran GoTo yang merupakan hasil kolaborasi Gojek dan Tokopedia terhadap perekonomian Indonesia dinilai signifikan.

Terutama dari sisi ekonomi digital, GoTo, buah merger Gojek dan Tokopedia, bahkan akan menjadi contoh bagi pelaku digital di negara lainnya.

Ekonom Digital LPEM FEB Universitas Indonesia (UI) Chaikal Nuryakin mengatakan kehadiran GoTo memunculkan integrasi ekonomi. Artinya, kolaborasi Gojek dan Tokopedia ini akan meningkatkan efisiensi di tingkat entitas perusahaan baru dan menurunkan biaya yang dikenakan kepada pengguna.

Selain itu, GoTo juga memunculkan integrasi fungsional yang berarti meningkatkan efisiensi di tingkat pengguna merchant atau mitra Gojek dan Tokopedia serta menurunkan ongkos produksi.

Baca Juga: Fahri Hamzah: Saya Berkali-kali Merayu Pak Jokowi untuk Mengubah UU KPK

”Dengan adanya kolaborasi keduanya juga mampu menarik UMKM konvensional untuk bertfranformasi ke digital,” ucap Chaikal dalam keterangan GoTo dalam seminar virtual 'Dampak Merging Antara Platforms: Studi Kasus Gojek dan Tokopedia' yang diselenggarakan LPEM FEB UI, Kamis kemarin.

Dari riset LPEM FEB UI sebelumnya, kontribusi prakolaborasi Tokopedia sebesar 1,1 persen (LPEM UI, 2019) dan Gojek sebesar 0,7 persen (LD FEB UI 2019) terhadap PDB Nasional atau secara total 1,8 persen dari PDB Nasional.

Sedangkan dalam riset terbaru hari ini, diungkapkan kontribusi total Gojek dan Tokopedia pascakolaborasi akan sebesar 1,9 persen sampai 2,1 persen dari PDB Nasional.

”Terdapat stimulus sebesar Rp17 triliun sampai Rp35 triliun kepada perekonomian dari kolaborasi Tokopedia dan Gojek,” terangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat