kievskiy.org

Amal Jangka Panjang, Jusuf Kalla Harapkan Inovasi Lembaga Wakaf

Wakil Presiden ke 10 dan 12 Republik Indonesia Dr. (HC) Drs. H.M. Jusuf Kalla (JK)  yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf Paramadina.
Wakil Presiden ke 10 dan 12 Republik Indonesia Dr. (HC) Drs. H.M. Jusuf Kalla (JK) yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf Paramadina. /Pikiran Rakyat/Satrio

PIKIRAN RAKYAT -  Wakil Presiden ke 10 dan 12 Republik Indonesia Dr. (HC) Drs. H.M. Jusuf Kalla (JK)  yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf Paramadina mengatakan tentang perlunya langkah-langkah terobosan baru dalam pengelolaan lembaga wakaf yang sudah berjalan lama. 

Ia berharap Lembaga Wakaf Paramadina bisa berkembang sebagaimana Harvard.

 “Lembaga wakaf ini adalah sebagai bentuk amal yang memiliki nilai jangka panjang sehingga lebih mudah kita pertanggungjawabkan dengan pengelolaan  sebaik-baiknya,” kata JK dalam keterangannya,  saat peresmian Lembaga Wakaf Paramadina (LWP) di Aula Universitas Paramadina, Jakarta, Jumat 18 Juni 2021.

Peresmian itu ditandai penandatanganan kerja sama LWP dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Waqf Center for Indonesian Development and Studies (WaCIDS).  Launching LWP juga dihadiri oleh Hendro Martowardojo (Ketua Umum YWP), Prof. Dr. Didik J. Rachbini (Rektor Universitas Paramadina) Dr. Imam Saptono mewakili Badan Wakaf Indonesia (BWI), Ventje Rahardjo Soedigno, S.E., M.Ec (Ketua KNEKS), 

 Baca Juga: Polisi Buru 2 WN China Pengelola Pinjaman Online, 'Pinjam Rp3 Juta Harus Balik Rp60 Juta'

Lembaga Wakaf Paramadina kini hadir di tengah masyarakat menyambut masa depan dengan menebarkan nilai Islam, Rahmatan lil ‘alamin. Membawa segenap harapan melalui berbagai program untuk mewujudkan pembangunan ekonomi Islam secara mandiri dan berkelanjutan. 

Universitas Paramadina adalah salah satu Perguruan Tinggi yang berasal dari wakaf melalui Yayasan Wakaf Paramadina yang didirikan sejak 1998. Tahun 2021 ini, Yayasan Wakaf Paramadina (YWP) mendirikan lembaga khusus untuk mengelola wakaf secara produktif, bernama Lembaga Wakaf Paramadina (LWP). 

Ketua Yayasan Wakaf Paramadina, Hendro Martowardojo menyatakan rasa syukurnya. “Alhamdulillah kita telah memiliki sertifikasi Nazhir Wakaf Uang dari BWI dengan nomor 3.3.00281 tertanggal 24 Mei 2021. Dengan adanya bukti sertifikasi, LWP dapat mengumpulkan dana dari masyarakat umum dalam bentuk Wakaf Uang. Uang yang terkumpul diperuntukan  membangun aset-aset produktif dan sebagian akan diinvestasikan. Hasil investasi akan digunakan untuk menebar manfaat lebih banyak lagi,” katanya.

 Baca Juga: Gelar Salat Gaib untuk 53 Prajurit KRI Nanggala 402, Jusuf Kalla: Patriot-patriot Bangsa

Dikatakan Hendro, walaupun Paramadina baru terdaftar legal sebagai Nazhir pada 2021, namun sesungguhnya YWP telah melakukan banyak aktivitas yang mengusung konsep wakaf. Seperti wakaf tanah dan gedung (aset tetap) serta wakaf profesi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat