kievskiy.org

JAIPONG Bakal Genjot Industri Kreatif untuk Pemulihan Ekonomi Nasional, KBRI Tokyo: Terus Tumbuh Walau Pandemi

Dubes Heri Akhmadi dalam acara Malam Ekonomi Kreatif Indonesia di Jepang.
Dubes Heri Akhmadi dalam acara Malam Ekonomi Kreatif Indonesia di Jepang. /Dok. KBRI Tokyo

PIKIRAN RAKYAT – “Saya percaya bahwa ekonomi kreatif merupakan sektor yang tangguh dan akan terus tumbuh di tengah pandemi dan krisis ekonomi”, demikian disampaikan Dubes Heri Akhmadi dalam acara Malam Ekonomi Kreatif Indonesia di Jepang.

Acara tersebut merupakan inisiatif KBRI Tokyo dan Bank Indonesia Tokyo untuk turut menyemarakan tahun 2021 sebagai Tahun Ekonomi Kreatif Internasional yang diinisiasi Indonesia dan disahkan melalui Resolusi PBB.

Turut mendukung Malam Ekonomi Kreatif Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno hadir dan menyampaikan sambutannya secara online.

“Penguatan kolaborasi di sektor ekonomi kreatif sangat penting guna mendukung percepatan ekonomi global. Untuk itu, Pemerintah Indonesia juga telah menyiapkan berbagai insentif di sektor ekonomi kreatif yang dapat dimanfaatkan oleh investor Jepang”, tegas Menteri Sandiaga.

Sebagai upaya meningkatkan outreach Indonesia di Jepang, Dubes Heri juga meresmikan ruang promosi terpadu Indonesia yang dinamakan “Japan – Indonesia Partnership Lounge (JAIPONG)”. Ruang promosi JAIPONG tersebut akan dimanfaatkan untuk menampilkan produk ekspor unggulan Indonesia, showcasing berbagai proyek kerjasama Indonesia – Jepang seperti MRT, Patimban Seaport, serta informasi investasi, pariwisata, keuangan dan lainnya.

Pada kesempatan ini, tema produk yang ditampilkan adalah produk wastra dan perhiasan Indonesia, yang merupakan hasil kurasi dari karya UMKM binaan Bank Indonesia.

Baca Juga: Sambut Hari Anak Nasional, Mitsubishi Rela Potong Keuntungan Demi Masa Depan

“Kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Jepang telah menghasilkan capaian positif dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Kedepan, masih ada peluang untuk tingkatkan intensitas kerja sama terutama untuk produk ekonomi kreatif Indonesia yang sustainable, terjangkau dan melalui proses kurasi yang ketat”, demikian tegas Deputi Gubernur BI Dodi Budy Waluyo dalam pesan videonya.

Dubes Heri Akhmadi dalam acara Malam Ekonomi Kreatif Indonesia di Jepang.
Dubes Heri Akhmadi dalam acara Malam Ekonomi Kreatif Indonesia di Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat