kievskiy.org

Volume Angkutan Kargo Bandara Soekarno-Hatta Naik Signifikan Didorong E-Commerce

Ilustrasi aktivitas Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.
Ilustrasi aktivitas Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. /Antara Foto/Fauzan ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT - PT Angkasa Pura II (Persero) terus menjaga kinerja angkutan kargo di tengah pandemi Covid-19. 

Sepanjang Semester I/2021, secara kumulatif total volume angkutan kargo di seluruh bandara AP II mencapai 353.819 ton atau naik 30,24% dibandingkan dengan Semester I/2020.

President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu 17 Juli 2021, mengatakan, volume angkutan kargo terbanyak pada Januari - Juni 2021 tercatat di Bandara Soekarno-Hatta dengan 271.769 ton atau naik 29,68% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

“Meningkatnya volume kargo di bandara AP II karena tumbuhnya pengiriman barang yang antara lain didorong dari aktivitas e-commerce, dan yang paling penting adalah kelancaran penanganan kargo di bandara-bandara AP II. Koordinasi erat dilakukan dengan Kementerian Perhubungan, Otoritas Bandara, dan juga maskapai mengenai kapasitas angkut termasuk menggunakan pesawat kargo [freighter] dan layanan di area kargo atau Terminal Kargo,” jelas Muhammad Awaluddin.

 Baca Juga: Update Corona Dunia, 17 Juli 2021: Indonesia Kembali Puncaki Posisi Pertama Kasus Harian Covid-19

Hal itu dikatakannya pada saat kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Terminal Kargo. Ia meninjau langsung kondisi angkutan kargo di Bandara Soekarno-Hatta pada PPKM Darurat Jawa - Bali yang dimulai pada 3 Juli. 

Sejumlah upaya dilakukan AP II di antaranya berkoordinasi erat dengan maskapai guna memastikan kelancaran penanganan kargo meski di tengah pandemi sehingga dapat mengakomodir permintaan dan mengambil potensi yang ada.

Pada kesempatan itu, Menhub juga menekankan pentingnya menjaga kinerja angkutan kargo di tengah menurunnya pergerakan penumpang pesawat selama pandemi Covid-19. 

 Baca Juga: Ibunda Memes Prameswari Ungkap Kriteria Menantu Idaman, Billy Syahputra Termasuk?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat