kievskiy.org

Hasil Survei: Layanan Antar Makanan dan E-Commerce oleh Gen Z Meningkat

Ilustrasi pesanan layanan antar makanan.
Ilustrasi pesanan layanan antar makanan. /Pixabay/Mohammed Hasan

PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini Katadata Insight Center (KIC) menggelar survei, terkait adopsi dan penggunaan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, terutama pada Generasi Z. 

Konsumsi layanan digital ini mencakup belanja online (e-Commerce), layanan pesan-antar makanan (food delivery), dan layanan pengantaran sembako.

Survei KIC dilakukan secara online terhadap 1.146 responden antara 13 - 18 April 2021 dan melibatkan responden berusia 18-29 tahun dari Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Yogyakarta. Sebanyak 82% responden berusia 18-26 tahun atau dikenal dengan Generasi Z.

Menurut Stevanny Limuria, Head of Research KIC, melalui survei tersebut, KIC ingin mengeksplorasi bagaimana pandemi mempengaruhi pola konsumsi layanan online mereka, dengan fokus pada e-commerce, pengiriman makanan (food delivery), dan pengiriman bahan makanan (groceries) sebagai kategori yang semakin populer sejak pandemi.

 Baca Juga: Ayah Ria Ricis Meninggal Dunia Saat si Bungsu Jauh, Oki Setiana Dewi: Cepat Pulang Icis

Ia memaparkan, hasil survei menemukan bahwa konsumsi layanan digital ini meningkat sebagai akibat dari pandemi. 

Peningkatan terlihat dari adanya pengguna baru layanan online, serta perilaku responden yang menyatakan akan terus menggunakan layanan digital, bahkan setelah pandemi. 

Survei juga menunjukkan bahwa selama tiga bulan terakhir 57% responden merupakan pengguna aktif situs e-Commerce, 36% menggunakan layanan pengiriman makanan, dan 23% menggunakan layanan pengiriman bahan makanan.

 Baca Juga: Garuda Indonesia Terancam Bangkrut, Wamen BUMN Sebut Dua Hal yang Penyebabnya

Pada masa mendatang, menurut Stevanny, penggunaan platform belanja online diperkirakan akan semakin meningkat dengan 42% generasi Z mengatakan akan lebih sering menggunakannya dalam 6 bulan ke depan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat