kievskiy.org

Cara Ambil Bansos di Kantor Pos, Ingat Bawa Surat Pemberitahuan dan KTP

Ilustrasi. Cara cairkan dan ambil bansos di Kantor Pos.
Ilustrasi. Cara cairkan dan ambil bansos di Kantor Pos. /PT Pos Indonesia


PIKIRAN RAKYAT - PT Pos Indonesia saat ini berperan sebagai penyalur bantuan sosial tunai (BST) Rp600.000 kepada masyarakat. 

BST merupakan bansos khusus dengan target 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan indeks Rp300.000 per KPM. BST ditambah dua bulan yakni bulan Mei dan Juni yang disalurkan sekaligus di bulan Juli sehingga total menjadi Rp600.000.

Penerima BST di bulan Juli ini juga mendapat tambahan bantuan beras 10 kg dari Bulog.

Dana BST dapat diambil melalui kantor Pos setempat, sesuai dengan surat undangan penerima BST yang diberikan RT/RW atau kelurahan/desa.

Baca Juga: 7 Jenis Bansos yang Bisa Didapat Selama PPKM Level 4

"Setelah menerima surat pemberitahuan pencairan BST, KPM bisa mendatangi ke kantor pos terdekat. Kantor pos memiliki jadwal pencairan BST untuk menghindari kerumunan," kata Kemensos yang diunggah melalui akun Instagram @kemensosri, dikutip Pikiran-rakyat.com, Selasa, 27 Juli 2021.

Berikut ini cara ambil dan cairkan bansos BST di Kantor Pos

1. Pastikan menerima surat pemberitahuan pencairan BST
2. Datangi Kantor Pos terdekat sesuai jadwal yang ditentukan
3. Bawa surat pemberitahuan dan KTP/KK
4. Datang atas nama sendiri (tidak boleh diwakilkan)
5. Bagi penerima yang sakit, lanjut usia, dan penyandang disabilitas berat, petugas pos akan mengantarkan bansos langsung ke tempat tinggal penerima, tidak ada potongan apapun saat menerima pencairan dana BST.

Penerima BST merupakan keluarga yang tidak mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Untuk mengecek kepesertaan BST dapat membuka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat