kievskiy.org

Bisnis Kafe Bangkrut, Jahe Merah Antar Seorang Pemuda Bandung Barat Raih Omzet Rp200 Juta

Ivan Septianto (30) menunjukkan produksi minuman jahe merah di pabrik miliknya, di Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Minggu, 15 Agustus 2021.
Ivan Septianto (30) menunjukkan produksi minuman jahe merah di pabrik miliknya, di Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Minggu, 15 Agustus 2021. /Pikiran Rakyat/Hendro Susilo

PIKIRAN RAKYAT - Tidak hanya membunuh manusia, Covid-19 juga dapat mengakhiri bisnis kafe atau restoran. 

Hal itulah yang menimpa Kafe Hello Kitty, yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Meski begitu, sang pemilik, Ivan Septianto (30) tak ingin berlarut-larut dalam keterpurukan. Kebangkrutan bisnis kafenya justru menjadi titik balik kesuksesannya sebagai pengusaha minuman herbal, dengan mengusung brand Jahe Merah Cap Dua Cangkir. 

"Sejak ada pandemi Covid-19, ada pembatasan sosial, yang awalnya saya punya bisnis kafe, ya terpaksa tutup. Dari situ saya mulai tidak ada penghasilan, kebutuhan ekonomi pun benar-benar mendesak saya untuk berubah," kata Ivan, mengisahkan awal berbisnis jahe, Minggu, 15 Agustus 2021.

 Baca Juga: Tak Terima Disebut Jilat Ludah Sendiri Usai Divaksinasi Covid-19, Jerinx: Saya Bersumpah Gak Endors

"Akhirnya, saya terinspirasi untuk membuat produk yang berkaitan dengan Covid-19 ini, yaitu minuman jahe. Jadi, saya menciptakan Jahe Merah Cap Dua Cangkir ini, salah satunya untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh atau untuk mencegah dari paparan Covid-19," kata dia.

Dia bercerita, usaha jahe merah itu bermula dari kebutuhan pribadi keluarganya. Dari berbagai informasi yang beredar, jahe disebut-sebut sebagai minuman penguat imunitas tubuh untuk menangkal Covid-19, sehingga keluarga Ivan pun turut mengonsumsinya. 

Namun, di awal pandemi Covid-19, minuman jahe harganya mencapai Rp100.000  per kilogram. Harga itu dianggap mahal oleh Ivan, sehingga dia mencoba untuk membuatnya. 

 Baca Juga: Ramalan Zodiak 16 Agustus 2021: Libra, Scorpio, dan Sagitarius, Rasa Kepercayaan Pada Pasangan Hilang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat