kievskiy.org

Penduduk Jauh Lebih Banyak, Wirausahawan Indonesia Sangat Sedikit Dibandingkan Singapura

Ilustrasi jejaring wirausaha.
Ilustrasi jejaring wirausaha. /Pixabay/Gerd Altmann

PIKIRAN RAKYAT - Jumlah wirausahawan di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara tetangga seperti Singapura. Pemerintah didesak mengembangkan kewirausahaan dengan mendorong peningkatan kapabilitas para insan pendidikan vokasi. 

Rendahnya jumlah wirausahawan Indonesia itu terungkap dalam data yang dipaparkan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Wikan Sakarinto, dalam webinar bertajuk "Menuju Enterpreneurial University, Mencetak Lulusan Siap Berwirausaha", Jumat, 3 September 2021. 

Menurut Wikan, selama ini kewirausahaan telah menjadi tipikal dari kegiatan pembelajaran di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Materi pembelajaran kewirausahaan hadir di semua kurikulum di Indonesia sejak belasan tahun lalu, namun jumlah wirausahawan di Indonesia masih kurang dibandingkan dengan negara tetangga. 

“Jumlah wirausahawan Singapura mungkin sudah di atas 10%, kita masih di angka 3%,” ujarnya. 

Baca Juga: Pengamat Sebut Tanpa Jokowi-Prabowo, Pilpres 2024 Bisa Berakhir dengan Pertumpahan Darah

Ia menambahkan, sering kali insan vokasi langsung membuat purwarupa atau prototype. Insan vokasi membuat produk, tapi belum memastikan pembelinya. Dengan kata lain, riset pasar masih lemah.

Wikan mengungkapkan saat ini telah banyak sekolah menengah kejuruan maupun perguruan tinggi yang telah membuat berbagai mesin hingga kendaraan listrik, namun masih terganjal dalam aspek penjualan. Menurut Wikan harus ada pembenahan urutan dalam pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi. 

Toronata Tambun, founder Aren Energy Investment, mengungkapkan, ada perguruan tinggi di Amerika Serikat yang 73% lulusannya sukses menjadi wirausahawan atau entrepreneur. Kesuksesan mereka terlihat dari keberhasilan mempertahankan usahanya hingga tahun kelima. 

Baca Juga: Kalina Ocktaranny Menyesal Tinggalkan Azka, Singgung Soal Pekerjaan dan Deddy Corbuzier

Selain itu, sebanyak 90% perusahaan yang dipimpin oleh perempuan dari lulusan perguruan tinggi ini juga sukses hingga tahun kelima. Meski begitu, alumnus Harvard Business School ini mengungkapkan beberapa fakta yang pahit terkait dunia bisnis. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat