kievskiy.org

Kuliner Khas Medan Ada Pengaruh Melayu, Arab, dan Cina


MEDAN, (PR).- Kalau berbincang seputar kuliner Medan, rasanya ingin kembali ke ibukota Sumatera Utara ini. Medan memang salah satu surga kuliner Indonesia. Pengaruh Melayu, Arab dan Cina membuat Kuliner Sumatera Utara menjadi sangat kaya. Enaknya, nyatis tak terbantahkan. 

"AGI - Akademi Gastronomi Indonesia, Sumatera Utara selalu menjadi tuan rumah yang baik setiap kali saya Ke Medan. Ditemani oleh Ketua AGI Sumut, VIta Pahlevi maka jelajah kuliner  saya semakin seru," aku Vita Datau, Ketua AGI di Jakarta. 

Perjalanan duo Vita ini selalu dimulai dengan sarapan pagi di tempat favorit mereka berdua, lanjut siang dan malam. Untuk dapat mencicipi semua rekomendasi di bawah ini paling tidak kita perlu 3 hari. Bagaimana tertarik liburan ke Medan? Temukan sensasinya di #PesonaKulinerMedan #PesonaLebaranMedan #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia. 


1. NASI LEMAK "NUSA INDAH"

Cari sarapan ? ini tempatnya. Sebuah Warung Makan  yang menyediakan nasi uduk atau nasi lemak dengan lauk khas Medan, sayur, sambel balado teri dan dendeng yang harus dicoba. Porsi sedang cukup untuk memulai hari kita dengan tenaga baru. Warung makan ini ramai dikunjungi pelanggan terutama akhir pekan,saat banyak orang berburu sarapan. pelanggan lebih banyak penduduk lokal, artinya Nasi Lemak ini bercitarasa asli. Sempatkan sarapan ditempat ini dijamin tidak kecewa. Terletak di Jl. Palang Merah.


2.  LONTONG SAYUR KAK LIN 

Masih seputar sarapan tempat yang selalu kami datangi adalah Warung Makan Kak Lin yang mempunyai menu spesial kesukaan banyak orang yaitu Lontong sayur atau dikenal sebagai lontong sayur Medan. Kuah dengan tauco, kacang panjang tempe, ikan bilis kentang belado memenuhi rasa kangen saya akan makanan ini setiap kali saya ke Medan. Selain Lontong Medan pengunjung bisa meimilih menu lainnya seperti nasi lemak. Terletak Jl. Cik Ditiro depan SMA I, tempat ini masuk top list. 


3. MIE & BIHUN BEBEK ASIE  KUMANGGO

Mienya yang tipis dan kenyal, diberi topping ayam dan jamur dengan rasa yang lezat gurih membuat mie ini menjadi sangat populer di Medan. Sebagai makanan akulturisasi Cina, maka dilihat sepintas sama seperti mie ayam pada umumnya. Tetapi saya rekomendasikan pesan Bihun Bebek Asie, yang satu ini rasanya sangat lezat. Lengkapi dengan kopi susu tradisional agar terasa kalau kita sedang menikmati mie ayam  di Medan; karena itu yang membedakannya. Datang ke Jl. Kumanggo No. 15, buka jam 6.30 sampai jam 11.00 pagi saja , Minggu tutup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat