kievskiy.org

Pegadaian Genjot Pembiayaan Syariah

BANDUNG, (PR).- PT Pegadaian (Persero) terus menggenjot perluasan usaha diluar transaksi gadai. Salah satunya pembiayaan kendaraan bermotor bagi masyarakat yang hingga saat ini memiliki pertumbuhan rata-rata 99 persen meski ditengah kondisi perekonomian yang masih cenderung stagnan.

Kepala PT Pegadaian Kanwil X Bandung Yudi Sadono mengatakan saat ini perusahaannya tak lagi hanya menangani transaksi kredit melalui gadai. Tetapi juga menyediakan layanan keuangan lainnya, seperti investasi dan pembiayaan kredit kendaraan bermotor. Program pembiayaan yang bernama amanah tersebut menerapkan prinsip syariah dan diluncurkan sejak 2015 lalu.

Diakuinya pembiayaan amanah ini  ini termasuk langkah Pegadaian dalam melakukan perluasan usaha. Keberadaan layanan pembiayaan kendaraan bermotor merupakan salah satu cara perusahaan plat merah tersebut untuk menjembatani keinginan masyarakat untuk memiliki kendaraan. Akan tetapi memiliki keterbatasan dalam hal pendanaan sehingga hal tersebut menjadi peluang.

“Dari catatan,  untuk Area Bandung 1 pertumbuhannya cukup signifikans mencapai 99 persen, sedangkan nasabah tumbuh sekitar 130 persen. Melihat hal tersebut peluangnya masih sangat besar. Amanah adalah upaya Pegadaian untuk mengupayakan kemudahan dan memperkuat perekonomian masyarakat,” katanya saat ditemui disela Konferensi Pers “Berkah Amanah Pegadaian 2017”, di Bandung, Rabu, 20 September 2017.
 
Cukup signifikansnya pertumbuhan tersebut, dikatakan Yudi, dikarenakan pihaknya menerapkan strategi yang tepat. Misalnya, sebelum memberikan pembiayaan kepada masyarakat pihaknya terlebih dulu memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih rasional sehingga tidak membebani jika akhirnya memperoleh pembiayaan tersebut.

“Kami juga mengedepankan pembiayaan yang humanis yang tidak memberatkan nasabah di kemudian hari. Kami tidak ada yang namanya debt collector yang meneror,” kata Yudi.

Terkait dengan kegiatan Berkah Amanah sendiri, Deputi Bisnis Area Bandung 1, Dadan Kadarsyah mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai layanan perusahaannya. Hal itu seiring dengan tujuan perusahaan untuk memperluas segmen nasabah Pegadaian.

Untuk gelaran tersebut, Dadan mengatakan pihaknya menggandeng lima dealer kendaraan bermotor roda empat dan dua dealer kendaraan roda dua. Ditargetkan selama tiga hari pelaksanaan di Halaman Parkir Carrefour Kiara Condong, sejak Jumat, 22 September 2017, pihaknya mampu membukukan penjualan melalui Amanah hingga Rp 15 miliar yang terdiri dari 100 unit kendaraan roda empat dan 200 unit kendaraan roda dua.

“Pada kegiatan ini kami juga menggelar pameran kendaraan, test drive, servis kendaraan, dan lelang emas perhiasan,” ucapnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat