kievskiy.org

Bisnis dengan Food Truck Lebih Menguntungkan

BERGERAK dan menjemput bola menjadi kekhasan gaya bisnis dengan food truck. Tidak heran, meski memiliki gerai ataupun restoran, banyak yang kemudian memiliki pula unit food truck atau bahkan beralih dari restoran statis ke restoran bergerak.

Berbicara food truck memang bukan sekadar gaya kekinian dalam berbisnis, tapi beberapa keuntungan bisa didapatkan dan memang sudah dirasakan juga oleh para pelaku bisnisnya. Tidak heran, jumlah pelaku bisnisnya pun terus bertambah.

Penambahan jumlah itu bisa terlihat dari contoh kecil, yaitu pelaksanaan acara kumpul para pelaku bisnis food truck yang menggunakan kendaraan daihatsu Gran Max. Kegiatan pertama hanya diikuti oleh empat unit, tetapi di acara Bandung Oto Trade Market (Botram) with Daihatsu 2017, jumlahnya berlipat-lipat ganda menjadi 110 food truck dan mobil toko (moko).

Tubagus Adi Wardana (33) adalah salah satu yang mengikuti acara itu sejak awal. ”Peningkatan jumlahnya drastis banget, luar biasa. Awalnya empat unit lalu sekarang tembus 100, itu luar biasa,” kata Adi, yang juga pemilik Fey's Little Kitchen itu.

Pada 2016, komunitas food truck yang menggunakan Gran Max itu berkonvoi untuk pelaksanaan acara bersama di Sumatra Utara. Momen itu memang bersamaan dengan karnaval kemerdekaan yang saat itu berpusat di kawasan sekitar Danau Toba, Sumut.

Ia mengatakan, berbisnis kuliner menggunakan truk karoseri memang menggiurkan. Pada 2012, ia mulai menggunakan food truck. Sebelumnya, ia sempat membuka restoran dan membuka gerai di food court meski kemudian tutup. Ia pun kembali menekuni bisnis food truck yang saat ini jumlahnya sudah mencapai empat unit dengan beragam jenis kendaraan.

"Food truck itu tidak perlu menunggu orang masuk ke restoran, kami menjemput bola ke konsumen. Kami juga terus mobile dan lebih mudah explore berbagai tempat yang berpeluang menjadi lokasi mangkal," ujarnya.

Begitu juga yang dirasakan Ilham Fahmi, pemilik Lamici Fusion Pasta. Sejak 2015, ia berbisnis kuliner dengan membuka stan di berbagai bazar. Ia pun akhirnya beralih bisnis food truck sejak awal 2017.

Ketika memulai bisnis food truck, ia pun mulai merasakan perbedaan yang signifikan secara bisnis. Meski baru memiliki satu unit, dia terus bergerak untuk menjemput bola. Sehari-harinya, ia memarkirkan food truck di Mouton Slice & Grill Jalan Gandapura Nomor 56 Kota Bandung, sesekali di Metro Indah Mall, dan berputar untuk mengikuti berbagai acara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat