kievskiy.org

Pemerintah Permudah Tenaga Kerja Asing Masuk

JAKARTA, (PR).- Pemerintah akan mempermudah masuknya tenaga kerja asing. Kemudahan ini terutama di sektor-sektor tertentu seperti perdagangan online, instruktur vokasi, dan tenaga perwatan mesin. Kemudahan tersebut di antaranya perpanjangan visa dan izin tinggal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan pemerintah sedang mempelajari apa yang bisa dilakukan untuk menyediakan talenta tenaga kerja tersebut. Hal ini baik untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

"Ya memang terus terang kita sedang coba pelajari apa yang bisa dilakukan supaya ketersediaan talent itu ada," ujar Darmin di Jakarta, Rabu, 31 Januari 2018.

Dia mengatakan, solusi jangka pendek untuk memenuhi talenta tersebut adalah mempermudah masuknya tenaga kerja asing. Sebab di sektor tertentu sumber daya manusia yang memenuhi talenta tersebut sangat kurang.

Sementara solusi selanjutnya adalah memberikan insentif bagi warga negara Indonesia yang saat ini bekerja di luar atau diaspora. Sementara untuk solusi jangka panjang adalah meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Darmin mengatakan, kemudahan tersebut diberikan melalui regulasi ketenagakerjaan dan imigrasi. "Kita hanya permudah perpanjang visa, karena sebelumnya harus ke pulang ke luar negeri dulu. Untuk regulasi ketenagakerjaan sebenarnya sudah oke," ujarnya.

‎Darmin mengatakan, perdagangan digital merupakan tantangan bagi Indonesia. Secara dasar, Indonesia memang sudah ketinggalan dengan negara lain. "Misalnya saja dalam hal logistik, perdagangan offline saja kita lebih mahal dibandingkan negara lain. Begitu juga saat masuk ke online," kata Darmin.

Hanya jadi pasar

Sementara itu Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, mengakui sampai saat ini pemerintah belum memiliki data pasti ekspor dan impor melalui perdagangan online. Meskipun demikian, kuat dugaaan jika Indonesia selama ini hanya sebatas pasar bagi perdagangan‎.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat