kievskiy.org

IKEA Bandung Diharapkan Tingkatkan PDRB Jabar dan Akselerasi Ekonomi Daerah

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil menerima cinderamata dari Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk. Patrik Lindvall di acara peresmian pembangunan toko IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 28 Maret 2019.*/HENDRO/PIKIRAN RAKYAT
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil menerima cinderamata dari Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk. Patrik Lindvall di acara peresmian pembangunan toko IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 28 Maret 2019.*/HENDRO/PIKIRAN RAKYAT

NGAMPRAH, (PR).- Dengan nilai investasi Rp 1,4 triliun, pembangunan toko IKEA Bandung menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat sedang bagus. Kehadiran IKEA Bandung pun diharapkan dapat meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jabar, sekaligus mengakselerasi ekonomi daerah.

Demikian disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di sela seremoni peresmian pembangunan toko IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 28 Maret 2019. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Jabar terus membaik, dari 5,19 persen pada 2017 jadi 5,67 persen saat ini.

"Kami pertumbuhan bagus, 5,67 persen. IKEA datang dengan Rp 1,4 triliun investasi, kemudian tahun lalu kami juara di Indonesia dengan Rp 160 triliun, konkret. Pada 2019 insyaallah akan lebih, karena gubernurnya sangat proaktif terhadap bisnis," kata Ridwan.

Dia berharap, kehadiran IKEA Bandung dapat berkolaborasi dengan produk-produk usaha kecil menengah (UKM) di Jabar. Apalagi, Jabar memikiki salah satu industri furniture terbaik di Indonesia, yaitu di Cirebon. Ridwan pun berpesan agar IKEA mengakomodir produk-produk bambu asal Jabar.

"Kalau produknya bagus, kan bisa dijual di sini juga, karena sudah diwajibkan ada sekian persen dari luasnya itu untuk produk UKM jawa barat. Kalau istilah di Jakarta itu namanya Teras Indonesia. Di sini nanti namanya bisa sama atau bisa lain. Itu nanti yang saya monitor," ucapnya.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk. Patrik Lindvall mengatakan, kehadiran IKEA Bandung memberi kesempatan bagi 400 peluang kerja baru. Sebagai upaya mendukung produksi lokal, IKEA Bandung juga akan mengadakan pameran produk UKM lokal di toko. 

Toko IKEA Bandung dibangun pada lahan seluas 4,4 hektare, dengan rencana bangunan 35.000 meter persegi. Dengan toko seluas hampir tiga kali luas Alun-alun Bandung itu, IKEA menawarkan solusi perabot rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat.

Marketing Manager IKEA Indonesia Eliza Fazia menuturkan, pembangunan toko IKEA Bandung direncanakan selama sekitar 1,5 tahun atau hingga kuartal keempat 2020. Walaupun toko pertama IKEA di Tangerang baru berumur lima tahun dan toko kedua di Bandung Barat baru akan dibangun, kata dia, Indonesia sudah sangat dekat dengan IKEA. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat