kievskiy.org

Indonesia Islamic Economy Festival: Membidik Generasi Milenial, Melambungkan Gaya Hidup Halal

INDONESIA Islamic Economy Festival 2019 yang digelar oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di Kota Bandung, Jumat 26 April 2019.*/DOK. KNKS
INDONESIA Islamic Economy Festival 2019 yang digelar oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di Kota Bandung, Jumat 26 April 2019.*/DOK. KNKS

GAYA hidup halal di era milenial merupakan kunci untuk mempercepat, memperluas, dan meningkatkan pengembangan keuangan syariah Islam demi menopang pembangunan ekonomi nasional. Namun, melambungkan pamor gaya hidup halal bukan hal yang mudah. 

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, mentransfer pengetahuan konsep gaya hidup halal atau ekonomi syariah merupakan hal yang sulit. Maka itu, diperlukan strategi jitu.

Salah satu cara yang diambil Bambang adalah dengan memperkenalkan ekonomi syariah sebagai etical economy. Ekonomi etika, kata Bambang, merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang menjunjung tinggi etika dan tanggung jawab.

“Pendekatan yang namanya etical ekonomi. Kita tentunya yakin para milenial ingin melakukan kegiatan ekonomi sekarang atau masa depan dengan tetap memegang etika,” kata Bambang dalam acara Indonesia Islamic Economy Festival 2019 yang digelar oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di Kota Bandung, Jumat 26 April 2019.

Kepala Bappenas itu mencontohkan bagaimana kegiatan konsumsi makanan yang bertanggung jawab tidak meninggalkan sampah makanan atau kemubaziran. Menurut dia, kemubaziran bukan hanya dilihat dair efisiensi, tetapi juga etika.

Terasa lebih nahas, kata Bambang, Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar di dunia justru menjadi penyumbang sampah makanan terbesar kedua. Hal itu menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang lupa soal etika berkonsumsi. 

“Kita lihat yang namanaya ekonomi etika sangat cocok dengan ekonomi syariah ataupun halal lifestyle,” ucapnya.

Selain itu, Bambang berharap generasi milenial di Indonesia tak hanya menjadi konsumen dalam kegiatan ekonomi syariah, tetapi juga menjadi produsen. Ia meminta kepada generasi milenial untuk jeli melihat peluang yang ada. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat