kievskiy.org

Peternak Ayam Unjuk Rasa, Menteri Pertanian Merasa Sedih

MENTERI Pertanian Amran Sulaiman menemui sejumlah peternak ayam asal Jawa Barat dan Jawa Timur, untuk berdialog terkait kemelut kondisi usaha peternakan ayam, di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis 26 September 2019.*/DOK. KEMENTAN
MENTERI Pertanian Amran Sulaiman menemui sejumlah peternak ayam asal Jawa Barat dan Jawa Timur, untuk berdialog terkait kemelut kondisi usaha peternakan ayam, di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis 26 September 2019.*/DOK. KEMENTAN

JAKARTA, (PR).- Sejumlah peternak ayam dari Jawa Barat dan Jawa Timur bereaksi gembira, karena Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan terbosan solusi mengatasi kemelut yang sering dialami usaha peternakan ayam pedaging dan telur ayam. 

Tanggapan Menteri Pertanian mendengar keresahan para peternak, membangkitkan kembali semangat para peternak yang berasal dari perwakilan peternak ayam mandiri asal Jawa Barat dan Jawa Timur untuk kembali berjuang.

Siaran pers dikirimkan Kementerian Pertanian, pada Kamis 26 September 2019, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman berdialog serta mendengarkan semua keluhan kalangan peternak ayam yang sedang melakukan unjuk rasa. Mereka mengklaim mengalami kerugian besar yang diakibatkan rendahnya harga ayam dan telur.

Mentan menyatakan  akan serius kawal keluhan para demonstran yang menyuarakan aspirasi dan keluhannya, baik soal distribusi pakan ternak ataupun day old chicken (DOC). Peternak menuduh  saat panen harga jatuh sekali dan perusahaan integrator disinyalir banting harga.

Mentan mengatakan, ikut merasakan kesedihan mereka, karenanya Amran bersedia memfasilitasi dialog mereka dengan perusahaan besar.  Sejumlah peternak ayam yang sedang berunjuk rasa diajak berdialog, sekaligus menghadirkan para perwakilan perusahaan integrator besar, seperti Charoen Phokphan, Japfa, Ciomas Adisatwa dan lainnya.

Langsung turun tangan

Mentan ingin masalah para peternak kecil ini agar segera tertangani, "Aku sedih mendengar para peternak ini demo terus. Kita harus cepat selesaikan masalah harga ayam mereka. Rakyat kecil ini harus segera kita bantu," kata Amran di depan para pendemo di Auditorium Gedung F Kementan.

Mendengar ini, sontak para demostran langsung berteriak senang, melihat sikap Mentan yang langsung turun tangan dan menangani keresahan mereka. "Hidup Pak Menteri, hidup Pak Menteri. Beri dua jempol pada Pak Menteri," teriak para demonstran yang berjumlah ratusan dan berasal dari berbagai daerah ini.

Hartono, Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) menyampaikan jika tindakan yang sudah diambil Mentan sudah sangat benar. "Yang dilakukan Pak Menteri Pertanian itu tepat sasaran dan terima kasih atas respon cepatnya" tuturnya.

Hartono mengungkapkan Mentan sudah bertindak sesuai UU tentang peternakan, yang menyatakan pemerintah harus mengambil tindakan bila terjadi distorsi harga di pasar. " Menteri Pertanian bertindak sesuai UU peternakan dan kesehatan unggas. Beliau dengan cepat dan membela peternak kecil ini, karena perusahaan besar berdasarkan data di bursa di efek Jakarta selalu untung" pungkas Hartono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat