kievskiy.org

Utang Dunia Capai Rp 3,4 Juta Triliun, Indonesia Sumbang 0,1 Persen

UTANG negara-negara di dunia mencapai 3,4 juta triliun dengan rasio yang berbeda-beda, namun banyak negara maju yang terus mengambil resiko besar.*
UTANG negara-negara di dunia mencapai 3,4 juta triliun dengan rasio yang berbeda-beda, namun banyak negara maju yang terus mengambil resiko besar.* /instagram.com/@IDX instagram.com/@IDX

PIKIRAN RAKYAT - Utang memang sudah sangat lazim digunakan banyak negara di dunia untuk menumbuhkan ekonomi.

Kelaziman ini memang berasal dari sistem ekonomi kapitalistik yang berusaha memicu pertumbuhan ekonomi lewat penambahan bunga pinjaman.

Biasanya, utang tersebut tidak secara langsung diberikan pemerintah ke sektor ekonomi tertentu agar kerugian besar bisa dihindari.

Baca Juga: Uji Coba Aturan Baru, Formula 1 akan Libatkan Pembalap Elit Esport

Pemerintah cenderung menggunakan pinjaman ini untuk membangun pemicu ekonomi seperti infrastruktur dasar sehingga bisa mempercepat pertumbuhan di banyak sektor.

Selain itu, utang pun harus tetap diukur dengan nilai ekonomi atau Gross Domestic Product (GDP) agar tagihan utang dan bunga tetap dapat dibayar.

Hal ini membuat semua negara sangat bergantung pada pinjaman yang dikeluarkan oleh negara berduit maupun lembaga penyedia utang agar ekonomi terus bertumbuh.

Baca Juga: Heboh Keraton Agung Sejagat, Muncul karena Perjanjian 500 Tahun Lalu

Alhasil, pinjaman terus meningkat seiring dengan keinginan semua pemerintah untuk membangun perekonomian di tiap negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat