kievskiy.org

Dukung Smart City, Telkom Kembangkan Smart Penerangan Jalan Umum (PJU)

PETUGAS sedang melakukan pemasangan PJU.*
PETUGAS sedang melakukan pemasangan PJU.* /Ai Rika Rachmawati/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) akan mengembangkan penggunaan internet cerdas atau internet of think (IoT) pada penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah kota di Indonesia.

Program tersebut dikembangkan untuk mendukung konsep smart city.

Demikiam diungkapkan Tribe Leader IoT Platform PT Telkom, I Ketut Agung Enriko, di Bandung, Jumat, 28 Februari 2020. Untuk tahap awal, program tersebut sudah dikembangkan di ibu kota provinsi Papua, untuk persiapan PON 2020 pada Oktober mendatang.

Baca Juga: Danilla Riyadi Isi Soundtrack Film KKN di Desa Penari

"Pada 18-20 Februari 2020, kami telah memasang Smart PJU di 5 titik di Jayapura," katanya.

Setelah Jayapura, menurut dia, Smart PJU akan dikembangkan di sejumlah kota lainnya, termasuk kota-kota di Jawa Barat (Jabar). Seperti diketahui, sejumlah kota di Jabar saat ini sedang mengembangkan konsep smart city.

Adapun pemasangan Smart JPU di Jayapura, menurut Agung, atas permintaan implementasi smart city dari Wali Kota Jayapura. Tim Tribe IoT Telkom bersama tim Mitratel dan Witel Papua melakukan instalasi gateway berteknologi LoRa (Long Range) serta PoC (Proof of Concept).  

Menurut dia, disebut Smart PJU karena dilengkapi sensor yang bisa menyala atau mati merujuk sensor cahaya. Selain itu juga bisa memantau kondisi lampu, apakah rusak, hidup, atau menyala.

Baca Juga: Unpad Bantu 1.144 Keluarga Penerima PKH, Diana : agar Mampu Menjalankan Usaha

"Pengendalian dan pemantauan, bisa dilakukan dari jauh, melalui dashboard," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat