kievskiy.org

Setahun Pangebluk Covid-19, untuk Pertama Kali Jumlah Penduduk Miskin Jakarta Berkurang

Ilustrasi.
Ilustrasi. /PIXABAY/Chronomarchie

PIKIRAN RAKYAT - Jumlah penduduk miskin di Ibu Kota Jakarta turun 0,05 persen dibandingkan dengan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) DKI pada Maret 2021 yang mencapai 501,92 ribu orang.

Kini, jumlah penduduk miskin Jakarta berkurang 3.630 orang menjadi 498,29 ribu per September 2021.

"Setelah setahun pandemi yang menyebabkan naiknya angka kemiskinan, untuk pertama kalinya angka kemiskinan di Jakarta turun," kata Kepala BPS DKI Jakarta, Anggoro Dwitjahyono, di Jakarta, Senin, 17 Januari 2022, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Menurut Anggoro, berkurangnya penduduk miskin di Jakarta tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas harga dan peningkatan daya beli masyarakat karena naiknya pendapatan secara umum.

Baca Juga: Rekaman CCTV Saat Doddy Sudrajat akan Jemput Gala Sky Tersebar, Fuji Kesal Ayah Vanessa Angel Bawa Pasukan?

Dia menjelaskan, stabilitas harga ditunjukkan dengan laju inflasi yang stabil pada periode Maret-September 2021 yakni mencapai 0,26 persen, bahkan selama beberapa bulan terjadi deflasi sehingga masyarakat miskin masih mampu membeli barang untuk kebutuhan dasar.

Sedangkan, peningkatan daya beli ditandai dengan rata-rata pengeluaran per kapita masyarakat miskin yang meningkat sebesar Rp11.282 dari Rp684.367 menjadi Rp695.649.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi yang membaik berdampak terhadap pertumbuhan angkatan kerja baru pada periode Agustus 2020 hingga Agustus 2021, lapangan kerja di Jakarta mengurangi 42 ribu pengangguran.

Baca Juga: Viral Bisnis Es Doger Gibran Dapat Suntikan Rp71 Miliar, Pakar IT: Sepertinya Janggal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat