kievskiy.org

5 Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar

Ilustrasi usaha.
Ilustrasi usaha. /Dok. Shutterstock/BRI

PIKIRAN RAKYAT - Setiap pengusaha tentu ingin membuat bisnis kecilnya berkembang menjadi besar. Namun, membesarkan bisnis bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan strategi, pemasaran yang efektif, serta modal yang cukup agar penjualan bisa meningkat. Meskipun tidak mudah, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan bisnis. Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha kecil menjadi besar?

5 Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha:

1. Perluas Jangkauan dengan Jualan Online

Perlu diketahui bahwa saat ini kita tinggal di era digital yang mana semuanya menjadi serba online. Termasuk dalam hal jual beli sekalipun. Maka dari itu, toko konvensional sudah harus beralih ke bisnis online agar tidak ditinggal pembeli.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, maka bisnis Anda tidak akan tergilas dan justru bisa berkembang semakin pesat. Pasalnya, bisnis online memungkinkan jangkauan pemasaran produk Anda semakin luas. Selain itu, kemudahan dalam belanja online juga akan membuat semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk Anda.

2. Buat Produk Berlisensi

Semua konsumen tentu ingin mendapatkan barang atau jasa yang berlisensi, beredar secara resmi, serta terjamin keasliannya. Maka dari itu, sangat penting untuk memberikan label pada produk Anda melalui lisensi resmi dari otoritas yang terkait.

Sebagai contoh, jika produk Anda adalah makanan atau minuman, maka pastikan produk tersebut memiliki sertifikat resmi dari BPOM, Dinas Kesehatan, dan MUI untuk mendapatkan label halal. Saat produk Anda telah mendapatkan lisensi resmi, maka konsumen akan semakin percaya dan tidak ragu untuk membeli atau menggunakan produk Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat