kievskiy.org

Pandemi Covid-19, Trafik Komunikasi Berbasis Broadband Telkomsel Melonjak 16 Persen

ILUSTRASI sarana internet.*
ILUSTRASI sarana internet.* /DOK PR

PIKIRAN RAKYAT - Memasuki pekan keempat imbauan aktifitas belajar dan bekerja dari rumah, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi, khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%.

Lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom.

Demikian diungkapkan Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, melalui siaran pera yang diterima Pikiran-Rakyat.com Selasa, 7 April 2020.

Baca Juga: Cara Kapten Persib Supardi Nasir Jaga Motivasi di Tengah Penghentian Kompetisi

Ia mengatakan, lonjakan trafik untuk aplikasi belajar berbasis daring mencapai lebih dari 5404%

"Tingginya lonjakan trafik e-learning juga didorong pertambahan pelanggan, yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel untuk mengakses Ruang Guru dan Paket Ilmupedia," katanya.

Selain e-learning, menurut dia, juga terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang bekerja/meeting conference secara daring, seperti Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%. 

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Sangat Bergantung pada Keberhasilan Pencegahan Covid-19

Jumlah perusahaan pengguna aplikasi CloudX yang diluncurkan Telkomsel sejak Januari 2020 juga melonjak signifikan, sebesar 2100%.

Namun, berbeda dengan aplikasi penunjang belajar dan bekerja secara daring, Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat