kievskiy.org

95 Persen Debitur PIP Adalah Perempuan, Kemenkeu Klaim Program Responsif terhadap Gender

Ilustrasi usaha mikro.
Ilustrasi usaha mikro. /Nyomanalex Candra/Pexels

PIKIRAN RAKYAT – Kementerian Keuangan menyebutkan 95 persen debitur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan perempuan.

Data itu berdasar pada pernyataan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Hadiyanto selaku pembina Badan Layanan Umum PIP, pada Kamis 17 Februari 2022.

UMi merupakan program tahap lanjutan dari bantuan sosial menjadi kemandirian usaha.

Program ini menyasar usaha mikro di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Tegaskan Dirinya Bukan 'Banteng', Sudjiwo Tedjo: Mbak Mega Gimana Ini? Berani-beraninya

UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

"Perempuan mendominasi. Ini bukti pembiayaan UMi PIP inklusif dan responsif gender," kata Hadiyanto dalam webinar bertajuk Digitalisasi UMKM Perempuan untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi, di Jakarta.

Dia menambahkan, Kemenkeu berkomitmen agar penerima pembiayaan UMi semakin berkembang dan berkelanjutan salah-satu caranya melalui pemanfaatan teknologi digital.

Pemanfaatan teknologi digital dalam penyaluran pembiayaan UMi kepada UMKM milik perempuan berkesesuaian dengan pesan Presiden Jokowi dalam pertemuan G20 di Roma, Italia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat