kievskiy.org

Pandemi Covid-19, Generasi Muda Harus Ubah Mindset dari Job Seeker Menjadi Job Creator

TIDAK sedikit pelaku usaha yang mampu mempertahankan, bahkan meningkatkan kinerja usaha selama pandemi.*
TIDAK sedikit pelaku usaha yang mampu mempertahankan, bahkan meningkatkan kinerja usaha selama pandemi.* /DOK. BORSYA

PIKIRAN RAKYAT – Pada masa pandemi Covid-19 ini generasi muda Indonesia harus mengubah pola pikir dari menjadi pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).

Apalagi, seperti diketahui, sejak pandemi bergulir, jumlah lapangan pekerjaan bagi pencari kerja terus menyusut.

Demikian diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) dan Presiden Direktur (Presdir) PT Borsya Cipta Communica (BCC) yang juga Ketua Asosiasi Perusahaan Nasional Telekomunikasi (Apnatel) Jawa Barat (Jabar), Boris Syaifullah, di Bandung, Selasa, 9 Juli 2020.

Baca Juga: Pelonggaran Karantina Wilayah Qatar Dibagi dalam 4 Fase Sampai Bioskop Diizinkan

Menurut dia, generasi muda harus jeli melihat peluang di tengah pandemi.

"Di zaman sekarang, apalagi dengan adanya pandemi, pekerjaan semakin sulit didapat. Jangankan menambah pekerja, sekarang ini banyak perusahaan yang kesulitan finansial, sehingga harus melakukan efisiensi dengan merumahkan pekerja eksisting, bahkan melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja)," ujar Boris.

Namun, ia mengakui, membuka lapangan pekerjaan baru memang tidak mudah. Perusahaan yang sudah sejak lama berdiri pun, baik yang berskala mikro, kecil, menengah, maupun besar, banyak yang goyah akibat pandemi.

 Baca Juga: Renault Triber Akhirnya Sampai ke Tangan Konsumen

"Bukan hanya melakukan efisiensi dengan merumahkan pekerja atau melakukan PHK, banyak perusahaan yang terpaksa menutup usahanya karena tidak mampu lagi menjalankan roda bisnis," tuturnya.

Namun, menurut dia, kondisi itu bukan tanpa solusi. Apalagi, faktanya tidak sedikit pelaku usaha yang mampu mempertahankan, bahkan meningkatkan kinerja usaha selama pandemi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat