kievskiy.org

Kebijakan Berubah, Jokowi Putuskan Pemerintah Melarang Semua Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng Termasuk CPO

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /BPMI Setpres


PIKIRAN RAKYAT
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemerintah melarang semua bahan baku minyak goreng termasuk crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah.

Kebijakan ini berubah, sebelumnya Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan yang dilarang adalah RBD Palm Olein, yang merupakan bahan baku minyak goreng.

"Pemerintah memutuskan melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng ke luar negeri. Larangan itu berlaku untuk ekspor dari seluruh wilayah Indonesia," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 27 April 2022.

Baca Juga: Volodymyr Zelensky Bicara dengan Jokowi, Mengaku Diundang Hadir ke KTT G20 di Bali

Jokowi mengatakan larangan ini memang berdampak negatif dan berpotensi mengurangi produksi serta hasil panen petani sawit yang tak terserap.

"Namun, tujuan kebijakan ini adalah untuk menambah pasokan dalam negeri hingga pasokan melimpah. Saya minta kesadaran industri kelapa sawit untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri," ujarnya.

Jokowi menegaskan agar memprioritaskan kebutuhan minyak sawit di dalam negeri serta memenuhi kebutuhan rakyat.

Dia juga menyampaikan volume bahan baku minyak goreng yang diproduksi jauh lebih besar daripada kebutuhan dalam negeri.

Baca Juga: Kawasan Jalur Pantura Jadi Primadona Pemudik Lebaran 2022, Pemerintah Arahkan Jalur Alternatif Ke Jalur Pansel

"Masih ada sisa kapasitas yang sangat besar. Jika kita mau dan punya niat untuk memenuhi kebutuhan rakyat sebagai prioritas dengan mudah kebutuhan dalam negeri dapat dicukupi," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat