kievskiy.org

BPS: Pulau Jawa Masih Berkontribusi Besar untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2022

Margo, lantas membeberkan faktor yang membuat pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa tetap meningkat adalah sektor industri dan perdagangan.
Margo, lantas membeberkan faktor yang membuat pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa tetap meningkat adalah sektor industri dan perdagangan. /Pixabay/Tumisu

PIKIRAN RAKYAT - Telah terungkap data pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II pada tahun 2022 dalam pengumuman dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono.

Dalam pengumuman itu, BPS menyebut ekonomi Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa, yang dibuktikan dengan data produk domestik bruto (PDB).

Lebih detailnya, beberapa provinsi di Pulau Jawa memberi kontribusi terhadap ekonomi Indonesia dengan total PDB mencapai 56,55 persen.

Baca Juga: Deretan Mobil Baru yang Akan Meluncur di GIIAS 2022: Pengganti Karimun hingga SUV Baru dari Honda

"Pulau Jawa memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 56,55 persen," kata Margo dalam pernyataan pers terbaru, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara News.

Margo, lantas membeberkan faktor yang membuat pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa tetap meningkat adalah sektor industri dan perdagangan.

Disebutkan, sektor industri di Pulau Jawa menyumbang peningkatan 1,9 persen dan perdagangan sebesar 0,94 persen.

Dengan dua sektor itu, Pulau Jawa mendapat pertumbuhan ekonomi mencapai 5,66 persen pada kuartal II 2022 ini.

Baca Juga: Usai Periksa Siber Bareskrim Polri, Komnas HAM Sebut Dapat Chat dan Foto Terkait Kematian Brigadir J

Setelah Pulau Jawa, Margo menyebutkan Pulau Sumatera mendapat ekonomi sebesar 22,03 persen, yang berarti pertambahan sebesar 4,95 persen dari sektor perdagangan dan pertanian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat