kievskiy.org

Digitalisasi UMKM, Erick Thohir Tekankan Pendampingan

Erick Thohir saat mengunjungi warga di Kelurahan Sindangjaya, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Minggu, 14 Agustus 2022
Erick Thohir saat mengunjungi warga di Kelurahan Sindangjaya, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Minggu, 14 Agustus 2022 /Pikiran Rakyat/Boy Darmawan


PIKIRAN RAKYAT -
Menteri BUMN Erick Thohir menekankan upaya pendampingan dalam upaya digitalisasi UMKM. Hal ini karena tidak semua pelaku UMKM mengerti teknologi digital.

“Suka tidak suka, UMKM ini harus didampingi. Tidak semua mengerti digital,” kata Erick, dikutip dari Instagram @erickthohir, Selasa, 16 Agustus 2022.

Erick mengungkapkan, BUMN turut berpartisipasi dalam upaya mendorong digitalisasi bagi UMKM. Misalkan saja, keterlibatan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam mendorong payment secara digital di pasar.

“Kemarin saya turun, bagaimana sekarang di pasar-pasar sudah membantu para UMKM menggunakan digital sebagai payment (pembayaran). Kemarin Bank Mandiri bekerja sama dengan 436 pasar, dan BRI juga melakukan ini,” ungkap dia.

dok. Telkomsel
dok. Telkomsel

Baca Juga: Waduh! Kabel PLN Tembus Dinding Kamar Tidur Warga, Netizen: Nangis Banget

Mantan Presiden klub Inter Milan ini menekankan pentingnya peran perbankan, khususnya perbankan pelat merah untuk bantu mendorong digitalisasi nasional, yakni dengan pendekatan dan pendampingan kepada UMKM.

“Di era digital ini, semua harus beradaptasi. Pasar tradisional seperti Beringharjo, Yogyakarta, contohnya, juga telah menggunakan transaksi digital. Bank Mandiri salah satu bank BUMN yang telah bekerja sama dengan para pedagang, menyediakan layanan transaksi non-tunai. Tentu untuk semakin memudahkan para pedagang dan konsumen,” tegasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat