kievskiy.org

Menkeu Menilai Produk Keuangan Syariah Berbasis Digital Dapat Kurangi Risiko Investasi UMKM

Ilustrasi keuangan.
Ilustrasi keuangan. /Pixabay/Nattanan Kanchanaprat

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa produk keuangan syariah berbasis digital dapat mengurangi risiko berinvestasi.

Terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), karena seringkali mendapatkan kendala bagi para investor.

“Portofolio produk keuangan syariah yang tersedia bagi UMKM, antara lain pembiayaan, penjaminan, tabungan, transfer uang, dan layanan manajemen kas,” kata Sri Mulyani yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Sri melanjutkan bahwa produk keuangan syariah tersebut kemudian dipadukan dengan teknologi digital yang akan berpotensi menjadi solusi bagi pembiayaan UMKM.

Baca Juga: Polwan Bandung Ditemukan Tewas dalam Posisi Duduk, Kondisi Kontrakannya Jadi Sorotan

UMKM yang ingin mendapatkan pembiayaan syariah biasanya akan memberikan seluruh informasi terkait dengan usaha mereka kepada calon investor, sehingga dapat mengurangi risiko bagi investor di masa depan.

“Pembiayaan syariah juga dapat dirancang tidak melalui skema leverage atau pinjaman, tetapi melalui pembiayaan berbasis ekuitas, sehingga risiko dapat benar-benar terstruktur,” kata Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI.

Lebih lanjut, Sri mengatakan bahwa lembaga keuangan syariah besar pun dapat menyediakan dana yang jauh lebih murah.

Sementara pada lembaga keuangan mikro syariah, mereka dapat menyediakan dana langsung kepada UMKM melalui pembiayaan berbasis aset secara takaful.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat