kievskiy.org

Pembagunan PLBN Yetetkun Jadi Bagian dari Amanah Nawacita 'Membangun dari Pinggiran'

 PLBN Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua.*
PLBN Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua.* /Dok. PUPR Dok. PUPR

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua sebagai Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Wilayah Boven Digoel merupakan tempat bersejarah karena pernah menjadi tempat pengasingan bagi pejuang Kemerdekaan Indonesia seperti Mohammad Hatta pada masa Kolonial Belanda yang berjarak sekitar 422 kilometer dari Kota Merauke.

Sebelumnya Kementerian PUPR telah meningkatkan kualitas jalan perbatasan pada ruas Merauke-Boven Digoel untuk memperkuat konektivitas kawasan perbatasan.

Baca Juga: Update Harga Motor KTM yang Dijual Indonesia di Bulan Mei 2020 

Sesuai amanah Nawacita yang dicetuskan Presiden Joko Widodo pada lima tahun lalu, pembangunan PLBN Yetetkun merupakan bagian dari 'Membangun dari Pinggiran'.

Tujuannya adalah untuk menjadikan kawasan perbatasan negara yang sering juga disebut sebagai halaman belakangnya Negara Indonesia, menjadi beranda depan yang dapat dibanggakan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan untuk pos lintas batas negara, namun dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Baca Juga: Diduga Tertular di Lingkungan Indekos, Mahasiswi di Purwokerto Positif Covid-19 

Salah satunya dengan dibangunnya pasar. Sehingga, Menteri PUPR Basuki berharap kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat