kievskiy.org

Musim Hujan Tiba, Keamanan Kelistrikan Mesti Terjaga Ya!

Meteran listrik.
Meteran listrik. /dok. PLN


PIKIRAN RAKYAT
- BMKG menyampaikan bahwa saat ini di beberapa wilayah Jawa Barat sudah mengalami musim hujan bahkan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir. Kondisi tersebut perlu diwaspadai terutama terkait bahaya kelistrikan saat musim hujan dan banjir.

Kita sebaiknya menjaga aset ketenagalistrikan seperti instalasi listrik rumah, alat elektronik ataupun aset listrik milik PLN agar jauh dari jangkauan air. Hal ini karena sifat air yang konduktor, mampu menghantarkan listrik, sehingga sangat rentan menimbulkan kecelakaan akibat tersengat listrik. Oleh karena itu, sebelum musim hujan, pastikan seluruh kabel di instalasi listrik kita tidak ada yang terbuka.

Apabila ditemukan indikasi aliran air yang masuk ke rumah dan rawan mengenai peralatan elektronik, langkah yang harus dilakukan diantaranya :

  1. Perhatikan posisi posisi stop Kontak atau kabel rol yang berada dibawah atau dekat dengan lantai. Amankan kabel rol atau kabel ekstension yang berpotensi terendam air.
  2. Matikan peralatan listrik dan elektronik yang dekat di lantai (terutama mesin air/ jet pump) dengan mencabut kabel listrik dari stop kontak dan pindahkan ke posisi yang lebih aman,
  3. Jangan memegang kabel yang terbuka atau terkelupas
  4. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi
  5. Apabila stop kontak sudah tergenang/ rumah dalam kondisi kebanjiran, pastikan MCB (Mini Circuit Breaker) yang berfungsi sebagai pemutus aliran listrik telah dimatikan sehingga tidak ada aliran listrik ke dalam rumah.
  6. Bila banjir sudah tinggi namun llistrik belum padam, segera laporkan melalui pengaduan di PLN Mobile
  7. Hubungi instansi terkait bahaya penanggulangan banjir

Baca Juga: Preview dan Prediksi Villarreal vs Osasuna di Liga Spanyol: Head to Head, Skor Akhir, dan Susunan Pemain

Selanjutnya, apabila rumah sudah dalam kondisi tidak banjir, pastikan terlebih dahulu kondisi instalasi listrik (stop kontak, mesin air, peralatan listrik yang terendam) dalam kondisi yang kering sebelum aliran listrik dinyalakan.

Penormalan listrik dapat dilakukan oleh PLN setelah instalasi dipastikan kering dan ada penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh Ketua RT/ RW/ Tokoh masyarakat setempat

Selain beberapa hal diatas, hal lain yang perlu diwaspadai pada saat hujan adalah petir. Kasus kebakaran alat elektronik yang tersambar petir merupakan kasus yang cukup sering ditemui. Guna meminimalisir bahaya tersebut, matikan barang eletronik dan cabut kabel dari stop kontak listrik, seperti televisi, radio dan computer ketika terjadi petir. Kita juga harus meminimalisir penggunaan telepon seluler karena benda tersebut dapat memancarkan gelombang elektromagnetik tinggi. Selain itu, jauhi peralatan yang dapat menghantarkan arus listrik seperti gagang pintu besi, atau benda lain penghantar listrik.

Baca Juga: Ferdy Sambo Ternyata Beri Imbalan untuk Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Maruf

Mati Lisrik Saat Hujan

Turunnnya hujan tidak serta merta menyebabkan aliran listrik harus dimatikan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat