kievskiy.org

Tingkatkan Minat Wisatawan KSPN Candi Borobudur, Kementerian PUPR Bangun Gerbang Klangon

CANDI Borobudur termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).*
CANDI Borobudur termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).* /Instagram.com/borobudurpark/ Instagram.com/borobudurpark/

PIKIRAN RAKYAT - Dalam mendorong peningkatan wisatawan domestik maupun mancanegara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembangkan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Borobudur.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016, Kawasan Borobudur telah ditetapkan sebangai KSPN Prioritas yang akan dikembangkan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur KSPN direncanakan secara terpadu melalui sebuah rencana induk.

Baca Juga: Southampton vs Manchester City: Pep Guardiola Bicara Soal Kualitas Sergio Aguero dan Gabriel Jesus

Baik dalam penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian pendududk.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi," ujar Menteri Basuki dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam rilis PUPR.

"Itu yang harus kita jaga betul. Prinsipnya adalah merubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional," tambahnya.

Baca Juga: 242 Pasien Covid-19 Berhasil Sembuh Usai Dapat Perawatan dari Rumah Sakit Darurat Lapangan Surabaya

Untuk membangun Gerbang Klagon di Kabupaten Kulonprogo DI Yogyakarta ini, Kementerian PUPR telah menganggarkan dana sebesar Rp 21,3 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat