kievskiy.org

Jelang Puasa, Harga Beras Medium di Pasar Tradisional Kota Bandung Masih di Atas HET

Ilustrasi beras.
Ilustrasi beras. /Pixabay/ allybally4b

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) bekerja sama dengan Bulog Cabang Bandung menggelontorkan 643 ton beras medium ke pasar-pasar tradisional Kota Bandung per Senin, 30 Januari 2023. Penggelontoran beras stok Bulog bertujuan menstabilkan harga.

Akan tetapi, berdasarkan pantauan di Pasar Kosambi, harga beras medium di Kota Bandung masih di atas HET yakni Rp9.450 per kilogram.

Daftar harga kebutuhan pokok masyarakat Perumda Pasar Juara per 1 Februari 2023 pun menunjukkan hal serupa.

Merujuk daftar itu, rata-rata harga beras medium pada sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung Rp12.000 per kilogram.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Tolak Peniadaan Gubernur: Harus Ada, Sulit Kalau Nggak Ada

Salah seorang pedagang beras di Pasar Kosambi, Andri menjual beras medium ke konsumen dengan harga Rp11.000 per kilogram. Harga jual ke konsumen itu menyesuaikan harga dari penyuplai.

"Mengambil selisih sedikit. Harga dari penyuplai terus naik tiap waktu pengiriman," ucap Andri saat dijumpai di tempatnya berdagang pada Kamis, 2 Februari 2023.

Volume pasokan beras dari penyuplai, menurut Andri, berkurang ketimbang biasanya. Sepengetahuannya, gagal panen di daerah penghasil beras menjadi salah satu faktor pasokan berkurang.

Mengingat volume pasokan belum kembali sebagaimana biasanya, Andri memperkirakan, harga beras terutama medium masih terus naik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat