kievskiy.org

Tips Menghindari Perangkap Pinjol Ilegal, Jangan Sampai Tergiur Tawarannya

Sejumlah anak bermain di dekat mural mengenai pinjaman online di kawasan Tempurejo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 7 September 2021. Mural tersebut sebagai sarana imbauan kepada masyarakat terhadap bahaya pinjaman daring atau 'online' (pinjol) ilegal yang sekarang lagi marak.
Sejumlah anak bermain di dekat mural mengenai pinjaman online di kawasan Tempurejo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 7 September 2021. Mural tersebut sebagai sarana imbauan kepada masyarakat terhadap bahaya pinjaman daring atau 'online' (pinjol) ilegal yang sekarang lagi marak. /Antara Foto/Didik Suhartono

PIKIRAN RAKYATPlatform pinjaman online (pinjol) sering kali dijadikan sebagai jalan keluar bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, keberadaan pinjol tak luput dari polemik, terlebih pinjol ilegal.

Masih banyak masyarakat yang tergiur dengan tawaran pinjol ilegal dan terjebak dengan tumpukan utang akibat bunga yang tidak jelas. Selain itu, berutang ke pinjol ilegal juga memungkinkan peminjamnya mendapatkan intimidasi, ancaman, teror, dan waktu pembayaran pinjaman yang tak sesuai dengan perjanjian awal.

Oleh karena itu, masyarakat harus memperhatikan sejumlah tips berikut ini agar terhindar dari perangkap pinjol ilegal;

1. Cari tahu legalitas pinjol melalui hotline Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 157, WhatsApp 08115715715, dan e-mail waspadainvestasi@ojk.go.id. Bisa juga dengan langsung mengunjungi situs berikut ini #.

Baca Juga: 3 Cara Laporkan Pinjol Ilegal jika Terlanjur Berutang dan Data Pribadi Tersebar

2. Tidak mengakses tautan yang dikirim pinjol ilegal melalui SMS, WhatsApp, e-mail, dan media lainnya.

3. Jangan tergiur dengan tawaran yang memaksa.

4. Memastikan rekam jejak atau ulasan  platform pinjol. Cari tahu pula apakah platform pinjol memiliki identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas atau tidak.

5. Waspada dengan modus pinjol ilegal yang menggunakan nama dan logo menyerupai Fintech Lending Legal.

Tips meminjam uang di platform online

1. Pinjam uang dari aplikasi resmi yang terdaftar di OJK.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat