kievskiy.org

Masalah UMKM Jabar Masih Seputar Promosi dan Pemasaran, Butuh Lebih Banyak Pameran

Ilustrasi UMKM.
Ilustrasi UMKM. /Pixabay/TheUjulala

PIKIRAN RAKYAT - Salah satu masalah yang dihadapi koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat adalah promosi dan pemasaran produk. Untuk itu, dalam rangka memfasilitasi permasalahan tersebut Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai Upaya.

Di antaranya kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional Tingkat Jawa Barat 2023 yang akan dilaksanakan pada 27-29 Juli 2023 di Kawasan Central Park Meikarta, Kabupaten Bekasi. 

Selain itu, kegiatan Muharam UKM Jabar Millenial Zilenial (Mumtaz) Festival 2023 yang akan digelar 5-6 Agustus 2023 dan temu bisnis One Pesantren One Product (OPOP) 2023 pada 5 Agustus 2023 di kawasan Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung.

“Kegiatan puncak peringatan Harkop ke 76 Tingkat Provinsi Jawa Barat rencana akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat dan dihadiri Menteri KUKM RI  digelar apel atau upacara peringatan digelar pula gelar produk koperasi dari 27 kabupaten/ kota se-Jawa Barat,” ujar Kepala Dinas KUK Jabar Kusmana Hartadji dalam keterangan tertulisnya, Selasa 25 Juli 2023.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Penuhi Panggilan sebagai Saksi Dugaan Korupsi Rel Kereta Api, KPK Beri Apresiasi

Produk yang ditampilkan mulai makanan dan minuman, fashion, kerajinan dan produk lainnya. Selain gelar produk digelar pula karnaval koperasi, talkshow perkoperasian,  lomba-lomba, fashion show, hiburan dan lainnya.

Kusmana menuturkan, Mumtaz Festival diselenggarakan dalam rangka memperingati bulan Muharam dan hari jadi Provinsi Jawa Barat ke 78 diikuti produk pelaku koperasi dan UMKM binaan Dinas KUK Jabar dengan berbagai produk unggulan diantaranya kerajinan, fashion, aksesoris dan kuliner.

“Melalui kegiatan Mumtaz ini akan menjadi sarana promosi yang tepat untuk tumbuh kembangnya UMKM di Indonesia dan dunia internasional. Selain itu, terjalin kerjasama bisnis antara pelaku usaha dengan pelaku usaha lainnya, meningkatkan link dan network yang semakin luas pada akhirnya akan meningkatkan transaksi dan kesejahteraan pelaku usaha,” ujarnya.

Baca Juga: Anies Baswedan: Tak Lengkap Kalau Ketemu Susi Pudjiastuti, tapi Tak Bertemu Laut, Nelayan dan Ikan

Kegiatan Mumtaz akan dimeriahkan temu bisnis, talkshow dan edukasi langsung kepada pengunjung, senam masal, festival musik religi dan fashion antar OPD Jawa Barat, nada dakwah, pembagian bansos kemasyarakatan, band dan musiC perfomance.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat