kievskiy.org

Akhirnya Sepakat Beli Produk UMKM, BUMN Siap Gelontorkan Uang hingga Rp14 Miliar

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki: Pemerintah akan membagikan bantuan dana bagi pengusaha mikro sebesar Rp2.400.000, yang langsung dikirim ke rekening penerima melalui KUKM.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki: Pemerintah akan membagikan bantuan dana bagi pengusaha mikro sebesar Rp2.400.000, yang langsung dikirim ke rekening penerima melalui KUKM. /HUMAS KEMENKOP UKM

PIKIRAN RAKYAT - Angin segar untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam negeri datang dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki.

Teten Masduki mengabarkan kesepakatan di Kementerian BUMN terkait pembelanjaan produk-produk UMKM selama pandemi Covid-19 sudah terwujud.

"Kami sudah bekerja sama dengan Kementerian BUMN agar belanja BUMN menyerap produk UMKM. Kementerian BUMN sepakat belanja di bawah Rp14 miliar," ungkap Teten Masduki pada pembukaan acara Karya Kreatif Indonesia 2020 pada Jumat, 28 Agustus 2020 di Jakarta secara virtual.

Baca Juga: Puji Desain Bandara YIA, Jokowi: Tahan Terhadap Gempa dan Gelombang Tsunami

Anggaran belanja hingga Rp14miliar tersebut akan khusus digunakan BUMN untuk membeli produk-produk hasil UMKM dalam negeri guna menopang suplai demand di pasar usaha mikro hingga menengah.

"Walaupun baru 9 BUMN, akan secara gradual ditambah agar semua BUMN harus menyerap produk UMKM," lanjut Teten.

Sebelumnya di kesempatan yang sama, Menkop UKM turut menyampaikan keinginannya agar uang belanja pemerintah dan lembaga tahun 2020 bisa digunakan untuk menyerap produk UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pembalap Muda Indonesia, Mario Suryo Aji Siap Turun di Ajang Balap FIM CEV Moto3 2020

"Presiden sudah perintahkan agar kementerian dan lembaga belanja produk UMKM," kata Teten Masduki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat