kievskiy.org

BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu Hanya Sia-sia Walau Diperpanjang, Ujungnya Roda Ekonomi Tetap Tak Jalan

Ilustrasi BLT Subsidi Gaji.
Ilustrasi BLT Subsidi Gaji. /PIXABAY PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Presiden Jokowi) telah memastikan bahwa pemerintah akan melanjutkan empat program bantuan sosial prioritas di antaranya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji.

BLT Subsidi Gaji dipastikan Jokowi akan dilanjutkan hingga tahun 2021. Akan tetapi BLT Subsidi Gaji yang diberikan pemerintah untuk pegawai dengan gaji di bawah Rp5 juta dinilai sebagai bantuan yang sia-sia.

BLT Subsidi Gaji itu, dinilai pengamat ekonomi, Nailul Huda, hanya akan efektif apabila masalah pandemi selesai. Jika belum selesai, seberapa besarnya bantuan akan percuma atau sia-sia.

Baca Juga: Soal 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif Corona, Satgas: Harusnya, Maksimum Kantor Diisi 50 Persen

Masyarakat akan cenderung menahan diri untuk belanja sehingga permintaan akan melemah. Ujungnya, roda perekonomian nasional tidak jalan.

"Dengan kondisi penanganan Covid seperti saat ini, saya ragu apakah BLT akan efektif walaupun diperpanjang hingga akhir tahun depan sekalipun.

Kecuali pemerintah benar-benar melakukan tugasnya dalam penanganan masalah kesehatan, khususnya pandemi," ujar Nailul di Jakarta, Senin 7 September 2020.

Baca Juga: Melaju ke perempatfinal AS Terbuka, Serena semakin dekat Trofi Grand Slam ke-24

Pemerintah baru saja memastikan akan melanjutkan kembali beberapa program Pemulihan ekonomi Nasional (PEN) di 2021 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat